INVENTARISASI DAN IDENTIFIKASI SERANGGA HAMA PADA TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.) DI DESA BANGKA KENDA, KECAMATAN WAE RI’I, KABUPATEN MANGGARAI.

Detail Cantuman

Skripsi

INVENTARISASI DAN IDENTIFIKASI SERANGGA HAMA PADA TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.) DI DESA BANGKA KENDA, KECAMATAN WAE RI’I, KABUPATEN MANGGARAI.

XML

Penelitian ini telah dilaksanakan di Desa Bangka Kenda, Kecamatan Wae Ri’i Kabupaten Manggarai dan berlangsung dari bulan Oktober 2022 sampai bulan Desember 2022. Tujuan Penelitian yaitu untuk menginventarisasi dan mengidentifikasi serangga hama padamtanaman terung dan mengetahui gejala kerusakan oleh serangga hama pada tanaman terung. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan teknik pengamatan langsung di lapangan. Pengambilan sampel dilakukan secara sengaja pada kecamatan yang terluas, lalu di pilih desa yang menjadi sentral produksi tanaman terung yaitu Desa Bangka Kenda. Pengamatan dilakukan secara langsung dan tidak langsung dengan alat bantu yellow trap. Hama yang ditemukan dikumpulkan dalam kotak koleksi dan diidentifikasi di Laboratorium Hama Tumbuhan, Fakultas pertanian, Universitas Nusa Cendana. Hasil penelitian ditemukan enam spesies hama, yaitu: Flatormenis proxima, Epilanchna varivestis, Spodoptera frugiperda, Bactrocera dorsalis,Aulacorphora lewisii, Oxya chinencis dan tiga jenis musuh alami, yaitu: Menochilussexmaculatus, Araneus diadematus, Dolichoderusthoracicus. Gejala kerusakan oleh Flatormenis proxima yaitu daun yang terserang mencekung, mengkerut dan terdapat bintik-bintik berwarna hitam yang tersebar pada permukaan daun, sehingga daun muda gugur; gejala kerusakan oleh Epilanchna varivestis yaitu terdapat lubang pada daun dan bagian pinggirnya berwarna kuning kecoklatan; gejala kerusakan oleh Spodoptera frugi perdaya itu daun berwarna kuning ata ukecokelatan,
bagian pinggir daun terdapat bekas gigitan, dan bagian atas tulang daun membentuk lubang lubang daun yang berukuran besar; gejala kerusakan oleh Bactrocera dorsalis yaitu terdapat bintik-bintik hitam pada buah bekas tusukkan lalat buah, sehingga buah mengkerut dan membusuk; gejala kerusakan Aulacorphora lewisiiyaitu pada permukaan daun terdapat bintik-bintik berwarna coklat serta lubang kecil; gejala kerusakan oleh Oxya chinencis, yaitu daun yang terserang menjadi sobek dan berlubang, tulang daun dan urat-urat daun tidak dimakan dan hanya menyisakan tulang daunnya saja.
Kata Kunci:Inventarisasi, Identifikasi, Serangga Hama,Tanaman Terung


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
MARIA DAFLORA YASNI - Personal Name
Student ID
1704060066
Dosen Pembimbing
Yohanes U.R Iburuni - 197812202005011002 - Dosen Pembimbing 1
AGUSTINA ETIN NAHAS - 197508182014092001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Johanes Umbu Rebu Iburuni - 197812202005011002 - Ketua Penguji
Agustina Etin Nahas - 197508182014092001 - Penguji 1
Rika Ludji - 197506272005012002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54211
Edisi
Published
Departement
AGROTEKNOLOGI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.11 YAS I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA