PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI OELII KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI OELII KABUPATEN KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe
Jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research (CAR) atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Cooperative Learning yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada satu siklus terdiri empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Oelii di Kabupaten Kupang. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Oelii Kabupaten Kupang tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 22 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Oelii Kabupaten Kupang. Pada siklus I mendapatkan kriteria Kurang (K) dengan persentasi ketuntasan hasil belajar siswa yang di peroleh 73,86% sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II mendapatakan kriteria baik (B) dengan persentasi ketuntasan yang diperoleh 88,73%. Jadi model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Jigsaw; Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
KEVIN DELLVECIO BANDI - Personal Name
Student ID
1901140170
Dosen Pembimbing
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota, S.Pd, M.Pd - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ban P
Copyright
individu penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA