Penggunaan Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Dalam Pembelajaran Tema 7 Perubahan Wujud Benda Subtema 1 Pembelajaran Ke 2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Soe

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Dalam Pembelajaran Tema 7 Perubahan Wujud Benda Subtema 1 Pembelajaran Ke 2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Soe

XML

Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana Penggunaan Model Pembelajaran Poe (Predict, Observe, Explain) Dalam Pembelajaran Tema 7 Perubahan Wujud Benda Subtema 1 Pembelajaran Ke 2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Soe? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentan tema 7 perubahan wujud benda subtema 1 pembelajaran ke 2 melalui model Predict, Observe, Explain kelas V MI Nurul Huda Soe. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan mengambil lokasi di MI Nurul Huda Soe. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas V berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tektik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas 67,68 meningkat menjadi 80,18 pada siklus II, dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 12,5. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 64,29% meningkat menjadi 100% pada siklus II, dengan peningkatan persentase 35,71%. Aktivitas siswa pada siklus I 66,79 menjadi 84,02 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 17,23, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Predict, Observe, Explain dalam tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MI Nurul Huda Soe.
Kata kunci: Predict, Observe, Explain, Hasil Belajar, Perubahan Wujud Benda


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NOERSAFITRI - Personal Name
Student ID
1701140102
Dosen Pembimbing
Penguji
Drs.Gaspar Melo,S.Pd,M.Pd - - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1
Dr. S.P. Taneo, S.Pd, MSi - 196011261998031005. - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NOE P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA