Skripsi
KOMUNIKASI ANTARPRIBADI MANAJER DALAM MENJAGA KEHARMONISAN KARYAWAN (STUDI KASUS PADA MANAJER HOTEL KRISTAL KUPANG)
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses komunikasi antarpribadi manajer dalam menjaga keharmonisan kayawan dan hambatan yang ada . Penelitian ini merupakan penelitian defkriptif dengan pendekatan kualitatif karena data yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa kata-kata tulisan atau lisan. Informan kunci (key informan) penelitan yaitu General Manager, Hausekeepping Manager,Duty Manager, Karyawan Hausekeepping,, waiters dan security. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori kebutuhan hubungan interpersonal atau fundamental interpersonal relations orientation ( FIRO) dari William C. Schutz dan konsep komunikasi antarpribadi. Berdasarkan hasil penelitian, komunikasi antarpribadi manajer dalam menjaga keharmonisan karyawan di hotel kristal kupang bahwa komunikasi antarpribadi merupakan faktor penting dalam kegiatan operasional hotel karena tanpa suatu komunikasi maka kegiatan dihotel akan terkendala. Komunikasi antarpribadi juga menjadi peran dalam perubahan pola pikir yang positif sehingga membawah dampak yang positif bagi kegiatan hotel dan dapat menjaga keharmonisan. Selain itu komunikasi antarpribadi ternyata mempunyai peran yang besar dalam pendekatan penyeselaian masalah baik itu masalah antar karyawan maupun juga dengan tamu hotel. Dengan komunikasi antarpribadi pendekatan-pendekatan dilakukan dengan baik sehingga solusi dalam suatu masalah dapat ditemukan dan masalah diselesaikan. Komunikasi antarpribadi manajer dalam menjaga keharmonisan karyawan juga merupakan salah satu sarana atau peran untuk membangun hubungan yang bermakna dengan karyawan, melalui kegiatan-kegiatan hotel secara menyeluruh atau per departemen. Membangun hubungan yang bermakna dengan komunikasi antarpribadi juga dilakukan di luar kegiatan hotel seperti mengikuti perkumpulan atau acara-acara ulang tahun dan sebagainya yang diadakan di rumah karyawan hotel bahkan general manager hotel kristal kupang. Dengan kegiatan-kegiatan seperti itu maka tentu saja hubungan yang bermakna bisa terjalin dengan baik, kedekatan dan keakraban bisa menciptakan suasana harmonis.
Kata kunci : Komunikasi antarpribadi , manajer, keharmonisan dan karyawan.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Novenda V. W Muni - Personal Name
|
Student ID |
1703050127
|
Dosen Pembimbing |
LUKAS LEBI DAGA - 195911121987021001 - Dosen Pembimbing 1
I GUSTI A. R. PIETRIANI - 8897023419 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Lukas Lebi Daga - 195911121987021001 - Ketua Penguji
I GUSTI A. R. PIETRIANI - 8897023419 - Penguji 1 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Komunikasi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
702.01 Mun K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |