Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Materi Panas Dan Perpindahannya Di Kelas V SD Inpres Landeoe Kabupaten Rote Ndao

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Materi Panas Dan Perpindahannya Di Kelas V SD Inpres Landeoe Kabupaten Rote Ndao

XML

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Landeoe Kabupaten Rote Ndao pada tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 dengan memfokuskan pada muatan pembelajaran IPA dengan menggunakan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimental design dengan bentuk desain One Group Protest-Posstest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Landeoe tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data observasi, tes, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil pretest sebesar 56,14 dan hasil posttest sebesar 72,73 sehinggga dapat dikatakan bahwa penggunaan model problem based learning dalam materi panas dan perpindahannya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Uji normalitas hasil belajar dari pretest-posttest didapatkan nilai signifikan sebesar 0,554 untuk pretest dan 0,408 untuk posttest > 0,05 sehingga data berdistribusi normal, hasil uji homogenitas menunjukan (sig) Levene’s sebesar 0,972 > 0,05 sehingga data yang diperoleh bersifat homogen. Hasil pengujian hipotesis, menggunakan paired sampel T-test menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) dari nilai prete st dan posttest yaitu 0,000 < 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning dan Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dewi Sarlince Nggili - Personal Name
Student ID
1901140039
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Marsi D.S. Bani, S.Pd., M.Pd - 19820314 200812 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NGG P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA