Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tentang Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Pembelajaran Ke-1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDN Oeteta Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tentang Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Pembelajaran Ke-1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDN Oeteta Kabupaten Kupang

XML

Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tentang Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Pembelajaran 1 Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SDN Oeteta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes dan refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SDN Oeteta Kabupaten Rote Ndao. Ada pun subjek penelitian ini berjumlah 26 orang dengan rincian 15 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisisdata yakni deskriptif kualitatif.

Penelitian ini memperoleh hasil yang menunjukan bahwa siklus I dan 26 orang terdapat 18 orang yang tuntas dengan persentase 69,23%, hasil observasi siswa 62,30%, sedangkan observasi guru sebesar 69,04%. Siklus II hasil tes siswa memperoleh persentase ketuntasan sebesar 84,61%, Observasi guru sebesar 83,33% dan observasi siswa sebesar 76,53%. Seluruh peserta didik tuntas karena mencapai hasil belajar yang diharapkan , yaitu aspek afektif seperti berani, santun, disiplin danbertanggung jawab, aspek kognitif berupa pengetahuan tentang Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Pembelajaran 1, aspek psikomotorik berupa membuat laporan.

Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perjuangan para pahlawan kelas IV SDN Oeteta Kabupaten Kupang
Kata Kunci: Problem Based Learning, Pahlawanku, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Reiner Novanto Kale - Personal Name
Student ID
1901140198
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota, S.Pd, M.Pd - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 KAL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA