Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Dalam Tema 6 Sub Tema 2 Pembelajaran 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDI Bertingkat Perumnas 3 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Dalam Tema 6 Sub Tema 2 Pembelajaran 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDI Bertingkat Perumnas 3 Kota Kupang

XML

Penelitian ini diadakan di SDI Bertingkat Perumnas 3 Kota Kupang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus I sebanyak 20 subjek yang diteliti maka yang tuntas pada siklus I yakni 11 orang siswa (55%) dikarnakan selalu memusatkan perhatian pada saat pembelajaran berlangsung, selalu aktif dalam kelas, percaya diri ketika menjawab pertanyaan yang diajukan, tidak membuat keributan disaat pembelajaran sedang berlangsung dan dapat mengerjakan soal dengan benar atau tepat. Sedangkan 9 orang siswa lainnya dari 20 subjek (45%) belum mencapai standar ketuntasan dikarnakan siswa kurang memusatkan perhatian, kurang aktif, kurang percaya diri, pasif saat guru memberi pertanyaan, dan lama dalam memahami pembelajaran serta hasil tesnya rendah. Selanjutnya siklus II hasil belajar siswa meningkat yakni dari 20 subjek yang diteliti sudah mencapai standar ketuntasan dengan presentasi 85% karenakan siswa sudah memahami pembelajaran dengan baik, memusatkan perhatian saat pembelajaran, aktif dalam pembelajaran bekerja sama dalam kelompok, percaya diri dan tidak ragu dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievment Division pada Pembelajaran Tema 6 Panas dan Perpindahannya, Subtema 2 Perpindahan Kalor di Sekitar Kita dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDI Bertingkat Perumnas 3 Kota Kupang. Bahwa model STAD dapat meningkatkan hasil belajar padasi klus II dan selanjutnya semua data menunjukan seluruh siswa dapat mencapai nilai minimal ketuntasan, dengan demikian maka model pembelajaran Student Teams Achievment Division dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Student Teams Achievment Division, Hak dan Kewajiban, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DODODISON FAY - Personal Name
Student ID
1901140131
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 FAY P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA