Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perubahan Suhu Dan Wujud Benda Akibat Kalor Kelas V Di SDK Don Bosco 4 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perubahan Suhu Dan Wujud Benda Akibat Kalor Kelas V Di SDK Don Bosco 4 Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan dengan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan suhu dan bentuk benda akibat kalor kelas V di SDK Don Bosco 4. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian kuantitatif yaitu pre-Experimental design (non-design), khusus penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretes-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 21 orang. Terdiri dari satu kelas eksperimen yaitu kelas V SDK Don Bosco 4 tahun pelajaran 2022/2023. Data yang dianalisis dari penelitian ini adalah hasil belajar IPA yang dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistic paired sampel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan setelah diberikan perlakuan (posttest). Artinya, Model Pembelajaran Berbasis Masalah ternyata memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan suhu dan wujud benda akibat kalor. Hal ini dapat dibuktikan bahwa hasil perhitungan uji-t memiliki nilai uji-t sebesar 20,298 lebih besar (>) dari nilai ttabel pada taraf signifikansi 95% dan d.b. (derajat kebebasan) 21 adalah 1,720. Jadi berdasarkan kriteria keputusan penerimaan/penolakan, H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan suhu dan bentuk benda akibat kalor di kelas V SDK Don Bosco 4 Kota Kupang.
Kata Kunci: Model PBL, Hasil belajar, perubahan suhu dan wujud benda


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARTHA Y. ELODIA - Personal Name
Student ID
1901140361
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 ELO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA