PEMANFAATAN SITUS CAGAR BUDAYA KERAJAAN KANGAE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MAUMERE

Detail Cantuman

Skripsi

PEMANFAATAN SITUS CAGAR BUDAYA KERAJAAN KANGAE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MAUMERE

XML

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan situs Cagar Budaya Kerajaan Kangae sebagai media pembelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Maumere. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan situs cagar budaya kerajaan Kangae sebagai media pembelajaran dapat dilakukan melalui aplikasi Cap cut yang tersedia dalam teknologi Smartphone. Desain video pembelajaran di situs Kerajaan Kangae dapat dilakukan dalam beberapa tahap yaitu persiapan materi, gambar, dan musik. Cara membuat video pembelajaran melalui aplikasi Cap Cut sangat mudah hanya dengan cara menggabungkan foto benda-benda peninggalan dan menambahkan musik, efek, dan teks pada video yang diedit serta materi yang ingin disampaikan dalam video pembelajaran. Cara memanfaatan video pembelajaran dengan memvisualisasi situs cagar budaya kerajaan Kangae tersebut kemudian diterapkan didalam pembelajaran sejarah dan dipandang efektif untuk meningkatkan kesadaran sejarah pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Maumere.
Kata Kunci : Situs Cagar Budaya Kerajaan, Media Pembelajaran, Sejarah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YOHANIS ALFRED WOLON - Personal Name
Student ID
1901090078
Dosen Pembimbing
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Ketua Penguji
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Penguji 1
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 LON P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA