Skripsi
Pengaruh Kualitas Layanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Laboratorium RSUD BA’A Kabupaten Rote Ndao Tahun 2022
XMLKualitas pelayanan merupakan salah satu unsur yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien rawat jalan di Laboratorium RSUD Ba’a Kabupaten Rote Ndao, merupakan satu-satunya Rumah Sakit di Kabupaten Rote Ndao didalamnya terdapat beberapa unit pelayanan salah satunya unit Laboratorium untuk menunjang upaya diagnosis penyakit dan memulihkan kesehatan. Namun Masih banyaknya keluhan dari pasien seperti kurangnya fasilitas, seperti ruang tunggu, wc, Waktu tunggu hasil pemeriksaan yang lama. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Laboratorium RSUD Ba’a Kabupaten Rote tahun 2022. Subjek dan Metode Studi cross-sectional dilakukan di Laboratorium RSUD Ba’a Kabupaten Rote Ndao NTT, pada bulan februari hingga September 2022. Sejumlah 85 subjek dipilih dalam penelitian ini menggunakan proposive sampling .Variabel dependen adalah kepuasan, Variabel independent kualitas. Dimensi bukti fisik (tangible), dimensi empati (empathy), dimensi kehandalan (realibility), ketanggapan (Responsivess) dan jaminan (Assurance), data dikumpulkan menggunakan kuesioner, dan dianalisis menggunakan uji regresi logistic dan metode IPA. Nilai p value dimensi tangible 0,000 (< 0,05), dimensi empathy nilai p value 0,000 ( <0,05), reliability nilai p value 0,001 (<0,05), responsiveness nilai p value 0,000 (<0,05), dan dimensi assurance nilai p value 0,000 (<0,05). Kesimpulan Dimensi tangible, dimensi empathy, dimensi reliability,dimensi responsiveness, dimensi assurance berpengaruh terhadap kepuasan pasien, berdasarkan hasil pengelolaan dan menggunakan metode IPA terdapat 7 atribut yang berada pada kuadaran I yang berarti harus di perbaikai Saran yang dapat diberikan bagi Instansi adalah Sebagai informasi dan masukan bagi RSUD Ba’a Kabupaten Rote Ndao maupun bagi bagian Laboratorium dalam memberikan pelayanan dalam memenuhi kebutuhan sehingga kepuasan pasien meningkat.
Kata kunci: kualitas layanan, kepuasan pasien, rumah sakit, laboratorium
Daftar pustaka : 39 ( 1990-2021)
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MELINDA TAMONOB - Personal Name
|
Student ID |
1807010102
|
Dosen Pembimbing |
KENJAM YOSEPH - 195902271986011001 - Dosen Pembimbing 1
RINA WATY SIRAIT - 198008202005012002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Kenjam Yoseph - 195902271986011001 - Ketua Penguji
Rina Waty Sirait - 198008202005012002 - Penguji 1 Serlie K A Littik - 197709232006042002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
13101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Kesehatan Masyarakat
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
132.01 TAM P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |