Efektivitas Program Sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi (SIMANTRI) Dalam Meningkatkan Pendapatan Dan Kesempatan Kerja Masyarakat (Studi Pada Simantri II Bangka Tuke, Kelurahan Compang Tuke, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai)

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Program Sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi (SIMANTRI) Dalam Meningkatkan Pendapatan Dan Kesempatan Kerja Masyarakat (Studi Pada Simantri II Bangka Tuke, Kelurahan Compang Tuke, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai)

XML

Indonesia dikenal sebagai Negara agraris dengan sebagian besar penduduknya bekerja pada bidang pertanian. Sektor Pertanian merupakan salah satu sektor penggerak pertumbuhan perekonomian di suatu negara, karena sektor pertanian mampu menyerap tenaga kerja yang besar, selain itu sektor pertanian berperan sebagai bahan baku sektor sekunder. Program Simantri merupakan program untuk meningkatkan jumlah produksi dari usaha simantri yang nantinya diharapkan berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas program Sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi (SIMANTRI) yang dilihat dari indikator Input, Proses, dan output dalam meningkatkan Pendapatan dan Kesempatan Kerja Masyarakat (Studi pada Simantri II Bangka Tuke, Kabupaten Manggarai).Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Simantri II Bangka Tuke. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 12 orang berdasarkan kriteria dan peran penting informan dalam masyarakat.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di lokasi SIMANTRI II Kabupaten Manggarai maka yang didapat adalah secara umum kegiatan SIMANTRI yang dilaksanakan di Simantri II Bangka Tuke berjalan dengan baik, hal ini berkaitan dengan bidang Usaha Hortikultura yang mengalami peningkatan pendapatan dan pendapatan yang didapat mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para anggota kelompok. Sedangkan dalam bidang Usaha Ternak mengalami kendala yang menyebabkan usaha ternak tidak berjalan dengan baik yaitu berkaitan dengan pengembangbiakan usaha ternak sapi yang gagal sehingga usaha ternak tidak berjalan dengan baik dan pada akhirnya terhenti. Berkaitan dengan Peningkatan Kesempatan Kerja yang terjadi di Simantri II Bangka Tuke sangat sedikit bahkan bisa dikatakan tidak mengalami kenaikan.
Kata Kunci: Efektivitas, Program SIMANTRI, Pendapatan dan Kesempatan Kerja


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YOACLINA YUBILIAN LETAR - Personal Name
Student ID
1803010128
Dosen Pembimbing
Marthina Ragalay - 196205071989012001 - Dosen Pembimbing 1
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Marthina Ragalay - 196205071989012001 - Ketua Penguji
Yohanis Ndoda - 195810051987021001 - Penguji 1
Jakoba Daud Niga - 196004061987022001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 LET E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA