Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar PKN Tentang Hak dan Kewajiban Pada Siswa Kelas IV SDI Oebatu

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar PKN Tentang Hak dan Kewajiban Pada Siswa Kelas IV SDI Oebatu

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh model Make a Match terhadap hasil belajar PKN tentang hak dan kewajiban di kelas IV SDI Oebatu. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk desain quasi eksperimen yaitu Nonequivalent Control Group Design. Lokasi penelitian ini adalah SDI Oebatu, Kabupaten Rote Ndao, Kecamatan Rote Barat Daya, Desa Oebatu, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan waktu penelitian selama satu bulan. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDI Oebatu semester II tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan peneliti melalui data pretest dan posttest pada kelompok eksperimen (Model Make a Match) dan kelompok kontrol (Model Konvensional). Data tersebut dianalisis menggunakan t-test yaitu, Paired Sample T Test untuk melihat pengaruh dari model Make a Match dan model Konvensional terhadap hasil belajar PKN tentang hak dan kewajiban di kelas IV SDI Oebatu, sedangkan uji Independent Sample T Test digunakan untuk menguji pengaruh yang signifikan penggunaan model Make a match terhadap hasil belajar PKN tentang hak dan kewajiban di kelas IV SDI Oebatu.
Hasil perhitungan statistik dengan bantuan SPSS versi 17 menampilkan, hasil uji Paired Sample T Test (posttest-pretest) kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 (5%), maka ada pengaruh dari kedua model tersebut terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya, uji Independent Sample T Test (posttest eksperimen-posttest kontrol) menampilkan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,041 < 0,05 (5%), maka model Make a Match lebih efektif daripada model konvensional. Sehingga model Make a Match memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Make a Match terhadap hasil belajar PKn tentang hak dan kewajiban di kelas IV SDI Oebatu.

Kata Kunci: Model Make a Match, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Norma Juita Nggeo - Personal Name
Student ID
1601140216
Dosen Pembimbing
Benediktus Kasa - 195706141984031001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Geo P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA