Penerapan Model PBL Dalam Pembelajaran IPS Tema 6 Sub Tema 1 Pembelajaran 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres Weseben Kabupaten Malaka

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model PBL Dalam Pembelajaran IPS Tema 6 Sub Tema 1 Pembelajaran 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres Weseben Kabupaten Malaka

XML

Skripsi oleh Sofiana Seuk Nahak Nim. 1901140083 Penelitian ini berjudul “Penerapan Model PBL dalam pembelajaran IPS tema 6 sub tema 1 pembelajaran 6 untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Inpres Weseben Kabupaten Malaka”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada satu siklus terdiri empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Weseben yang terdiri dari 21 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Weseben Kabupaten Malaka dengan hasil penelitian terhadap siklus I dari 21 siswa yang tuntas sebanyak 9 orang (42,86%). Siswa yang tuntas karena pada saat guru mengajar di depan kelas siswa tersebut memperhatikan dan menyimak apa yang di sampaikan oleh sehingga pada saat guru memberikan memberikan soal tes siswa dengan mudah menyelesaikan soal tes tersebut. Dan siswa sebanyak 12 (57.14%) tidak tuntas karena pada saat guru mengajar di dalam kelas terdapat siswa yang saling berbicara di belakang tanpa menghiraukan penjelasan guru, saling mengganggu teman lain yang sedang fokus belajar dll. Pada siklus II sudah terjadi peningkatan dimana pada siklus II terdapat siswa yang tuntas sebanyak 19 orang (90,48%) yang sudah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yang di tentukan oleh sekolah dan siswa sebanyak 2 orang (9,52%) yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang di tentukan oleh sekolah. Jadi model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat di simpulkan bahwa ada peningkatan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Penerapan model PBL dalam Pembelajaran IPS tema 6 sub tema 2 pembelajaran 3 untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD Inpres Weseben Kabupaten Malaka

Kata Kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
SOFIANA SEUK NAHAK - Personal Name
Student ID
1901140083
Dosen Pembimbing
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS SAMPE - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
maxel koro - - Penguji 1
MARKUS SAMPE - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NAH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA