Skripsi
Pengaruh Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Sifat Benda Padat, Cair, Gas Pada Kelas II SD Inpres Lasiana
XMLSkripsi oleh Maria Adventina Bria. Nim : 1601140055 (2021). Dengan judul “Pengaruh Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Sifat Benda Padat, Cair Dan Gas Pada Kelas II SD Inpres Lasiana”. Rumusan masalah adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa tentang sifat benda padat, cair dan gas pada Kelas II SD Inpres Lasiana. Tujuan untuk menguji pengaruh yang signifikan pada penerapan model kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa tentang sifat benda padat, cair dan gas pada Kelas II SD Inpres Lasiana. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, tes dan studi dokumentasi. Teknik analisis yakni uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas IIA dan IIB dengan jumlah 56 siswa dengan rincian masing-masing 16 orang siswa perempuan dan 12 orang siswa laki-laki.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Lasiana kupang dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata nilai pretest siswa pada kelas eksperimen = 43,82 dan kelas kontrol = 40,5 masih sangat rendah. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen = 78,25 dengan 24 siswa dari 28 siswa mencapai nilai KKM yaitu 86% karena selalu memusatkan perhatian, aktif dalam berdiskusi kelompok, percaya diri dan selalu mengerjakan tugas. Sedangkan 4 siswa lainnya belum tuntas karena kurang percaya diri dan kurang aktif. Sedangkan untuk hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai t_hitung = 3,37 > t_tabel = 2,05. Karena t_hitung = 3,37 lebih besar dari t_tabel = 2,05 maka hipotesis alternatif atau H1 diterima dan hipotesis nol atau H0 ditolak. Dengan demikian hipotesis alternatif atau H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran koooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa tentang sifat benda padat, cair dan gas pada kelas II SD Inpres Lasiana.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran koooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa tentang sifat benda padat, cair dan gas pada kelas II SD Inpres Lasiana. Serta terjadi peningkatan hasil belajar siswa sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan peneliti.
Kata Kunci: Model Number Head Together (NHT), Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Maria Adventina Bria - Personal Name
|
Student ID |
1601140055
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Bri P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |