Pengaruh Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Sifat Benda Padat, Cair, Gas Pada Kelas II SD Inpres Lasiana

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Sifat Benda Padat, Cair, Gas Pada Kelas II SD Inpres Lasiana

XML

Skripsi oleh Maria Adventina Bria. Nim : 1601140055 (2021). Dengan judul “Pengaruh Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Sifat Benda Padat, Cair Dan Gas Pada Kelas II SD Inpres Lasiana”. Rumusan masalah adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa tentang sifat benda padat, cair dan gas pada Kelas II SD Inpres Lasiana. Tujuan untuk menguji pengaruh yang signifikan pada penerapan model kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa tentang sifat benda padat, cair dan gas pada Kelas II SD Inpres Lasiana. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, tes dan studi dokumentasi. Teknik analisis yakni uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas IIA dan IIB dengan jumlah 56 siswa dengan rincian masing-masing 16 orang siswa perempuan dan 12 orang siswa laki-laki.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Lasiana kupang dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata nilai pretest siswa pada kelas eksperimen = 43,82 dan kelas kontrol = 40,5 masih sangat rendah. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen = 78,25 dengan 24 siswa dari 28 siswa mencapai nilai KKM yaitu 86% karena selalu memusatkan perhatian, aktif dalam berdiskusi kelompok, percaya diri dan selalu mengerjakan tugas. Sedangkan 4 siswa lainnya belum tuntas karena kurang percaya diri dan kurang aktif. Sedangkan untuk hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai t_hitung = 3,37 > t_tabel = 2,05. Karena t_hitung = 3,37 lebih besar dari t_tabel = 2,05 maka hipotesis alternatif atau H1 diterima dan hipotesis nol atau H0 ditolak. Dengan demikian hipotesis alternatif atau H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran koooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa tentang sifat benda padat, cair dan gas pada kelas II SD Inpres Lasiana.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran koooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa tentang sifat benda padat, cair dan gas pada kelas II SD Inpres Lasiana. Serta terjadi peningkatan hasil belajar siswa sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan peneliti.

Kata Kunci: Model Number Head Together (NHT), Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Adventina Bria - Personal Name
Student ID
1601140055
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bri P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA