Dampak Program Kampus Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Program Kampus Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Kupang

XML

Fenomena yang terjadi adalah pembelajaran literasi dan numerasi peserta didik di Indonesia masih sangat rendah, salah satunya SMP Negeri 18 Kota Kupang. Pemerintah terus berupaya dalam menciptakan berbagai program untuk terus membangkitkan pendidikan di Indonesia salah satunya ada program Kampus Mengajar yang di keluarkan oleh permendikbud pada tahun 2020 dengan tujuan memilih berbagai mahasiswa di setiap universitas yang ada di Indonesia, dan membekali dengan berbagai soft skill oleh para mentor dan akan diterjunkan langsung ke sekolah-sekolah yang tertinggal, terdepan, terluar (3T) untuk membantu sekolah-sekolah yang belum begitu maju agar dapat berkembang dengan bantuan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Program Kampus Mengajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Kupang. Populasi penelitian terdiri dari 54 siswa, dan sampel sebanyak 35 siswa dipilih menggunakan teknik Probabiliti sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, kuesioner, dan wawancara, dan dianalisis menggunakan uji statistik seperti uji validitas, uji reliabilitas, dan uji prasyarat statistik, serta analisis data menggunakan uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R Square). Hasil analisis menunjukkan bahwa Program Kampus Mengajar memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap hasil belajar siswa. Persamaan regresi linear sederhana menunjukkan bahwa jika variabel Kampus Mengajar ditingkatkan satu satuan, maka hasil belajar siswa juga akan meningkat sebesar 0.490. Selain itu, uji t dan koefisien determinasi menunjukkan bahwa Kampus Mengajar berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap hasil belajar siswa, dan sebesar 11,5% variabel hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh variabel Kampus Mengajar. Penelitian ini dapat menjadi referensi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui program-program yang melibatkan mahasiswa dan guru.

Kata Kunci : Dampak, Kampus Mengajar, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Deminikson Tahun - Personal Name
Student ID
1901080073
Dosen Pembimbing
Ari Data - 197209022003121003 - Dosen Pembimbing 1
Erika Feronika BR Simanungkalit - 199212222019032017 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Markus Umbu K. Yewang - 196423121994031002 - Ketua Penguji
Ari Data - 197209022003121003 - Penguji 1
ERIKA FERONIKA Br SIMANUNGKALIT - 199212222019032017 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 Nik D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA