Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di Kelas X Multimedia 1 Smk Negeri 5 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di Kelas X Multimedia 1 Smk Negeri 5 Kupang

XML

ABSTRAK

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR
DESAIN GRAFIS DI KELAS X MULTIMEDIA 1 SMK NEGERI 5 KUPANG
Dorkas M Malaikari* Dr I Made Parsa,M.Pd** Ichsan Fahmi ST,MT***

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dasar desain grafis pada kelas X Multimedia 1 SMK Negeri 5 Kupang, bagaimana hasil belajar siswa dan sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran dasar desain grafis di kelas X Multimedia 1 SMK Negeri 5 Kupang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dalam penelitian ini yakni siswa kelas X Multimedia 2 SMK N 5 Kupang. Siswa berjumlah 15 (lima belas) orang yang dijadikan sampel dalam penelitian. Setelah menerapkan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran dasar desain grafis materi unsure-unsur tata letak di kelas X Multimedia SMK N 5 Kupang, hasil belajar siswa mengalami peningkatan di setiap kegiatan pembelajaran. Pada tes siklus I terdapat 8 orang siswa (53,00%) yang memperoleh skor 75 ke atas dengan nilai rata-rata 70,66%. Terjadi peningkatan lagi setelah dilakukan tes siklus II terdapat 15 orang siswa (100%) yang memperoleh skor 75 ke atas dengan nilai rata-rata 87,33%.

Kata Kunci: scramble, hasil belajar, dasar desain grafis

* Penulis
** Pembimbing Utama
*** Pembimbing Pendamping




ABSTRACT
IMPLEMENTATION OF SCRAMBLE LEARNING MODELS FOR IMPROVING STUDENT LEARNING OUTCOMES IN GRAPHIC DESIGN
BASIC LESSONS IN CLASS X MULTIMEDIA 1 SMK NEGERI 5 KUPANG
Dorkas M Malaikari* Dr. I Made Parsa, M.Pd ** Ichsan Fahmi,ST,MT***

study aims to improve the basic learning outcomes of graphic design in class X Multimedia 1 SMK Negeri 5 Kupang, how is student learning outcomes and the extent to which student learning outcomes increase by applying the scramble learning model on the basic subjects of graphic design in class X Multimedia 1 SMK Negeri 5 Kupang.
This research is a type of classroom action research, in this study the students of class X Multimedia 2 SMK N 5 Kupang. Students totaled 15 (fifteen) people who were sampled in the study. After implementing the scramble learning model in the basic subjects of graphic design material layout elements in class X Multimedia at SMK N 5 Kupang, student learning outcomes have increased in each learning activity. In the first cycle test, there were 8 students (53.00%) who obtained a score of 75 and above with an average value of 70.66%. There was an increase again after the second cycle test, there were 15 students (100%) who obtained a score of 75 and above with an average value of 87.33%.

Keywords: scramble, learning outcomes, basic graphic design

* Author
** Main Guide
*** Counselor Counselor


Detail Information

Item Type
Penulis
Dorkas Malaikari - Personal Name
Student ID
1601130035
Dosen Pembimbing
I MADE PARSA - 196106181988031003 - Dosen Pembimbing 1
ICHSAN FAHMI - 197705052005011004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
I Made Parsa - 196106181988031003 - Ketua Penguji
Ichsan Fahmi - 197705052005011004 - Penguji 1
RENOLD H. MODOK - 9908419491 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 Mal P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA