Hubungan Bimbingan Karir Terhadap Cita-cita Karir Siswa Kelas VI di SD Inpres Fatufeto 1 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Bimbingan Karir Terhadap Cita-cita Karir Siswa Kelas VI di SD Inpres Fatufeto 1 Kupang

XML

ABSTRAK
Tujuan untuk mengetahui hubungan antara
bimbingan karir terhadap cita-cita karir siswa kelas VI di SD Inpres Fatufeto 1 Kupang.
Metode Penelitian yang digunakan Deskriptif Kuantitatif dengan teknik pengumpulan data
yakni angket dengan subyek berjumlah 20 orang dengan rincian siswa laki-laki 16 orang dan
siswa perempuan 4 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis
korelasi Spearman’s Rho.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Fatufeto 1 dengan hasil penelitian menunjukan
bahwa terdapat 3 siswa (0,15%) mendapatkan pemahaman bimbingan karir dalam kategori
“t inggi” yang artinya siswa telah mandapatkan pengetahuan yang baik tentang dunia karir, 13
siswa (0,65%)memiliki pemahaman layanan bimbingan karir dalam kategori “sedang” yang
artinya siswa belum mecapai kesempurnaan pengetahuan tentang dunia karir sesuai dengan
usia perkembangan karirnya, 4 siswa (0,20%) memiliki pemahaman layanan bimbingan karir
dalam kategori rendah yang artinya siswa tidak mendapatkan pengetahuan yang baik tentang
karir sesuai dengan usia perkembangan karirnya. Sedangkan pada indikator cita-cita karir,
terdapat 3 siswa (0,15%) memiliki skor cita-cita karir dalam kategori tinggi artinya yang
siswa telah memperoleh kesadaran karir yang baik dan memiliki faktor-faktor cita-cita karir
yang baik, 15 siswa (0,75%) memiliki skor capaian cita-cita karir dalam kategori sedang yang
artinya siswa telah memperoleh kesadaran karir yang cukup baik dengan faktor-faktor citacita

karir yang cukup baik, dan sisanya yakni 2 siswa (0,10%) mendapatkan skor cita-cita
karir dalam kategori rendah yang artinya siswa belum mencapai kesadaran karir yang baik
dan faktor-faktor cita-cita karir yang asal-asalan. Sedangkan berdasarkanhasilujikorelasi
Spearman’s Rho diketahuibahwakekuatan koefisien korelasi kuat yakni sebesar 0,743 berada
diatara 0,60 < KK ≤ 0,799. Hubungan kedua variabel signifikan dan posit if pada taraf
signifikan 5% yakni sebesar 0,000 < 0,05 pada uji dua arah (2-tailed). Arah korelasi bersifat
searah dengan angka koefisien korelasi menujukan hasil positif yakni 0,743.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa mayoritas siswa belum
mendapatkan manfaat layanan bimbingan karir dengan kata lain bahwa pelayanan bimbingan
karir yang diberikan pada siswa kelas VI belum maksimal, sehingga siswa hanya memiliki
kesadaran karir yang minim (cukup baik) dan memperoleh faktor-faktor pemilihan cita-cita
karir yang bertaraf cukup baik. Sedangkan berdasarkan hasil uji Korelasi Spearman’s Rho
hipotetesis Ha diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan, kuat dan positif/searah
antara variabel X dengan Variabel Y, sehingga H0 ditolak karena hasil analisis data
membuktikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan searah antara bimbingan karir
terhadap cita-cita karir siswa kelas VI di SD Inpres Fatufeto 1 Kupang.
Kata Kunci :Bimbingan, Karir, Cita-cita Karir


Detail Information

Item Type
Penulis
Winny Tanaya Lawe Hiku - Personal Name
Student ID
1601140020
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 HIK H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA