Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Kupang
XMLPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas X IPS SMA Negeri 4 Kupang. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learningdan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPS SMA Negeri 4 KupangTahun Ajaran 2022/2023.Metode penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal.Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 4 Kupangyang berjumlah 212 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 68 siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampling.Instrumen yang digunakan adalah non tes dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t_hitung= (3.938) >t tabel (1,997). Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa │t_hitung│>t_tabelmaka H_o ditolak danH_a diterima. Artinya(3.938) >(1,997), sehingga hipotesis alternatif yang diajukan dapat diterima yaitu model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 4Kupang.
Kata Kunci :Problem Based Learning, Motivasi Belajar,Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Yosephine Sulistiowati Dewi Ano - Personal Name
|
Student ID |
1901080018
|
Dosen Pembimbing |
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Dosen Pembimbing 1
Erika Feronika BR Simanungkalit - 199212222019032017 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Ketua Penguji
ERIKA FERONIKA Br SIMANUNGKALIT - 199212222019032017 - Penguji 1 Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 ANO P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |