Perancangan Terminal Bus Tipe B di Kabupaten Malaka dengan Pendekatan Ekologi Arsitektur

Detail Cantuman

Skripsi

Perancangan Terminal Bus Tipe B di Kabupaten Malaka dengan Pendekatan Ekologi Arsitektur

XML

Kabupaten Malaka memiliki sebuah terminal Tipe C yang berada di Desa Wehali, kecamatan Malaka Tengah. Akan tetapi terminal ini sudah tidak beroperasi lagi. Sehingga kendaraan angkutan umum di Kabupaten Malaka selalu menaikkan dan/atau menurunkan penumpang di sepinggiran jalan. Tujuan perancangan ini untuk menghasilkan suatu rancangan karya Arsitektrur yang bisa menciptakan kenyamanan termal bagi para pengguna dan/atau pengelola Terminal Bus yang ada di Kabupaten Malaka, Betun.
Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah dengan melakukan observasi lapangan, dan mengumpulkan data dengan cara wawancara, dokumentasi selain itu dilakukan studi literatur dan studi kasus yang menyangkut faktor teknik dan persyaratan bagunan yang mempengaruhi desain perancangan. Kemudian mengidentifikasi aspek yang dapat diterapkan dalam perancangan seperti aspek teknis, dan aspek desain yang sesuai dengan kriteria perancangan yang akan dicapai. Dari masalah yang diperoleh selanjutnya dianalisis sehingga menghasilkan konsep perancangan dengan pendekatan Ekologi Arsitektur.
Output desain adalah terminal bus tipe B yang merespon iklim setempat dengan cara penggunaan vegetasi pada tapak perancangan yang dapat membentuk iklim mikro. Vegetasi yang digunakan berupa pohon tanjung, pohon mahoni, pohon kiara payung. pohon palem, kamboja, bugenfil, tanaman merambat dan rumput jepang. Meminimalkan penggunaan energi seperti memaksimalkan pencahayaan alami dengan cara menggunakan bukaan seperti jendela kaca dan bouvenlight, memaksimalkan penghawaan alami menggunakan ventilasi silang, dengan cara menggunakan batu roster, dan menggunakan panel surya sebagai penghasil energi untuk menunjung sistem pencahayaan di malam hari. Memanfaatkan material lokal dengan cara menggunakan material kayu jati sebagai rangka atap dan sekondary skin, menggunakan batu bata sebagai dinding, dan menggunakan bambu sebagai bahan dekoratif. Menyediakan sumber energi, air, dan pembuangan limbah dengan cara pemanfaatan air hujan untuk pencucian mobil dan penyiraman tanaman.
Kata Kunci: Ekologi Arsitektur, Kabupaten Malaka, Terminal Bus


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Fransiskus Xaverius Muin - Personal Name
Student ID
1606090071
Dosen Pembimbing
Yohanes W. D. Kapilawi, ST.,MT - 197406252008121003 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Yohanes W. D. Kapilawi, ST.,MT - 197406252008121003 - Ketua Penguji
Imanuel N. Mbake, ST.,MT - 198612232019031009 - Penguji 1
Marianus Bahantwelu, ST.,MT - 199102142019031015 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
23201
Edisi
Published
Departement
Arsitektur
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
232.01 Mui P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA