Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas V Di SD GMIT Noemuke Kabupaten TTS

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas V Di SD GMIT Noemuke Kabupaten TTS

XML

Tujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar PPKn di kelas V SD GMIT Noemuke TTS. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data secara kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design jenis One-Group Pretest-posttest. Teknik Pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan tes. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD GMIT Noemuke yang berjumlah 21 siswa, sedangkan sampel pada penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 21 peserta didik juga karena menggunakan sampel jenuh yang dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang terdiri dari 20 butir soal dengan bentuk pilihan ganda.
Penelitian ini diadakan di SD GMIT Noemuke dengan hasil penelitian menunjukkan perolehan perhitungan uji validitas tes dengan hasil untuk setiap butir soal r_hitung harus lebih besar nilainya dari pada r_tabel dengan nilai 0,433 sehingga instrumen soal dapat dikatakan valid. Perhitungan uji reliabilitas tes dengan menggunakan rumus KR20 diperoleh hasil r_11=0,907 sehingga instrumen soal tersebut dapat dikatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil perhitungan data uji normalitas diperoleh pretest = 3,286 < 11,070 sedangkan data posttest = 3,867 < 11,070 dengan kriteria pengujiannya X^2 hitung < X^2 tabel sehingga data tersebut dapat dikatakan berdistrubusi normal. Sedangkan hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung = 6,562 dan t_tabel = 2,085. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil simpulan bahwa hasil belajar PPKn siswa kelas V SD GMIT Noemuke sesudah menggunakan model role playing lebih berpengaruh dibandingkan dengan pembelajaran sebelum menggunakan model role playing. Hal ini dibuktikan dengan perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan.

kata Kunci: Model Role Playing, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Getrudis Elma Nino - Personal Name
Student ID
1601140302
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
B Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NIN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA