Hubungan Pemerintah Desa Dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lembata Dalam Pelaksanaan Relokasi Desa Lamawolo Pascabencana Alam

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Pemerintah Desa Dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lembata Dalam Pelaksanaan Relokasi Desa Lamawolo Pascabencana Alam

XML

Sebagai negara yang cukup rentan terhadap bencana maka beberapa daerah yang terdampak diputuskan untuk dilakukan relokasi atau pemindahan tempat. Salah satunya yakni Desa Lamawolo, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Namun, relokasi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan ada begitu banyak pertimbangan salah satunya yakni bagaimana cara instansi-insatansi terkait untuk berkerja sama dalam pelaksanaan relokasi ini agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan baik. Persoalanya dalam menjalankan hubungan kerja sama setiap instansi pasti memiliki cara dan standarnya sendiri dalam bekerja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah hubungan pemerintah desa dan BPBD Kabupaten Lembata dalam pelaksanaan relokasi Desa Lamawolo pascabencana alam? (2) Apakah dampak hubungan kedua instansi tersebut dalam pelaksananan relokasi bagi masyarakat Desa Lamawolo?
Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris yakni penelitian yang mengkaji hukum dalam realitas di masyarakat dengan melakukan pendekatan sosio legal dan yuridis konseptual. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dalam tahap pemeriksaan, pengklasifikasian dan pemferivikasian dan dianalisis menggunakan metode yuridis deskriptif kualitatif.
. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Hubungan yang antara Pemerintah Desa Lamawolo dan BPBD Kabupaten Lembata dalam pelaksanaan relokasi belum dijalankan dengan optimal dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhinya. (2) Dampak yang dirasakan dari hubungan Pemerintah Desa Lamawolo dan BPBD Kabupaten Lembata dalam pelaksanaan relokasi beragam selain dampak positif juga terdapat dampak negatif. Disarankan agar Pemerintah Desa Lamawolo dan BPBD Kabupaten Lembata bisa berkoordinasi dan memiliki kesadaraan akan pelaksanaan tugas dan wewenang dari masing-masing lembaga agar hubungan yang ingin dibangun bisa berjalan dengan baik.
Kata Kunci: Hubungan , Relokasi, Pemerintah, Dampak Hubungan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DIAN ANJELI LAMALEWA - Personal Name
Student ID
1902010354
Dosen Pembimbing
SARYONO YOHANES - 196207121989021000 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr. Saryono Yohanes, S.H., M.Hum - 19662207121989121010 - Ketua Penguji
Hernimus Ratu Udju, S.H.,M.H - 19610428 198901 1 001 - Penguji 1
Dr. Kotan Y Stefanus,S.H., M.Hum - 196012271987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 LAM H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA