KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 6 KUPANG TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Skripsi

KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 6 KUPANG TENGAH TAHUN AJARAN 2022/2023

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII B SMP Negeri 6 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2022/2023?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Kupang Tengah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kostruktivisme. Dan untuk mengetahui kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa maka digunakan Taksonomi Bloom Edisi Revisi 2016 dalam ranah kognitif tingkatan C6 (mencipta). Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti memilih teks cerita fantasi dengan mengembangkan KD 4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk teks cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan teks cerita
fantasi. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Kupang Tengah menunjukkan bahwa dari 23 siswa yang diteliti tidak terdapat siswa yang termasuk dalam kategori sangat mampu dalam menulis teks cerita fantasi sesuai dengan struktur dan unsur kebahasaan teks cerita fantasi, terdapat 4 siswa dengan presentase 17,39% yang termasuk dalam kategori mampu, terdapat 5 siswa dengan prsentase 21,74% yang termasuk dalam kategori cukup mampu, dan 14 siswa dengan presentase 60,87% yang termasuk dalam kategori kurang mampu dalam menulis teks cerita fantasi sesuai dengan struktur teks dan unsur kebahasaan teks cerita fantasi. Berdasarkan nilai yang telah didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata skor yang diperoleh siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Kupang Tengah yaitu 66,49 %. Hal ini menunjukkan tingkat kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Kupang Tengah berdasarkan struktur teks dan unsur kebahasaan teks cerita fantasi belum mencapai nilai KKM Sekolah, yaitu 75. Sedangkan suatu pembelajaran dikatakan berhasil apabila 80% dari seluruh siswa, mencapai ketuntasan.
Kata kunci : kemampuan, menulis, teks cerita fantas, konstruktivisme.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Student ID
1901010083
Dosen Pembimbing
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hayon G. Niko - 195808061986011001 - Ketua Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1
Dra. Margaritha M. Karus, M.Pd - 196210141990032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Sur K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA