UPAYA PENEGAKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK DALAM MENAATI TATA TERTIB SEKOLAH (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII B di SMP Negeri 1 Lembor Selatan Kecamatan Lembor Selatan Kabupaten Manggarai Barat)

Detail Cantuman

Skripsi

UPAYA PENEGAKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK DALAM MENAATI TATA TERTIB SEKOLAH (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII B di SMP Negeri 1 Lembor Selatan Kecamatan Lembor Selatan Kabupaten Manggarai Barat)

XML

Masalah pokok dalam penelitian ini yaitu Bagaimana upaya penegakan disiplin terhadap peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah di SMP Negeri 1 Lembor Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kendala yang dihadapi guru dalam menegakan kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah dan bagaimanakah upaya penegakan disiplin peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Lembor Selatan? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam menegakan kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah dan upaya penegakan disiplin peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah pada Siswa Kelas VIII B di SMP Negeri 1 Lembor Selatan, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori struktural fungsional Talcott Parsons. Metode penelitian yaitu kualitatif, dengan teknik pengambilan informan yang digunakan dalam penelitian ini purposive sampling. Informan dalam penelitian ini sebanyak 15 (limabelas) orang yakni kepala sekolah 1 orang, Wakil kepala sekolah 1 orang, guru komite 4 orang, guru wakil kesiswaan 1 orang, guru BK 1 orang, orangtua peserta didik 3 orang dan 4 orang siswa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Lembor Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa kendala yang dihadapi guru dalam menegakan kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah yaitu kurangnya partisipasi dari orang tua, kurangnya kesadaran dan motivasi dari dalam diri peserta didik, kurangnya pengetahuan peserta didik terhadap peraturan di sekolah sedangkan upaya yang dilakukan untuk menegakan kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Lembor Selatan yaitu guru memberikan hukuman kepada siswa yang melanggar tata tertib sekolah, menerapkan program bimbingan konseling, membangun keterlibatan orang tua dalam mendisiplinkan peserta didik, pemberian penghargaan kepada siswa yang disiplin, dan guru memberikan teladan yang baik. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu guru sudah menerapkan dan menjalankan dengan baik upaya yang dilakukan untuk menegakan kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah namun belum memperoleh hasilnya yang optimal karena ada kendala yang dihadapi guru dalam menegakan kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah. Adapun saran atau masukan yang mungkin berguna bagi pihak sekolah, sehingga dapat dijadikan sebuah acuan untuk lebih meningkatkan kinerja dan peran dalam menegakan kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah. Terkait dengan hal tersebut maka beberapa saran yang direkomendasikan penulis anatara lain: (1) Bagi sekolah, sebaiknya dalam menerapkan peraturan dan tata tertib sekolah diharapkan dapat dilaksanakan secara terus menerus dengan mengadakan sosialisasi lebih lanjut agar siswa tidak melupakan kewajibannya selaku peserta didik dan pihak sekolah sebaiknya lebih tegas dalam memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar tata terib agar siswa semakin berhati-hati dalam bertingkah laku di lingkungan sekolah, sehingga penerapan tata tertib dapat berjalan secara maksimal. (2) Bagi siswa diharapkan untuk selalu disiplin dalam mematuhi tata tertib yang ada dengan selalu memenuhi kewajiban dan mejauhi larangan sebagaimana yang diatur dalam tata tertib siswa serta selalu beperilaku positif baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. (3) Bagi orang tua hendaknya bisa ikut berperan aktif dalam menanamkan pendidikan karakter terhadap anak serta ikut berpartisipasi dalam mendisiplinkan anak dengan selalu mengontrol perilaku anak.
Kata Kunci: Disiplin, Peserta Didik, Tata Tertib Sekolah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sofia Yafni Surianti - Personal Name
Student ID
1903030016
Dosen Pembimbing
HERMAN YOSEP UTANG - 196602212006041001 - Dosen Pembimbing 1
CHRISTINE ERIKA MEKA - 198501072008122004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Ketua Penguji
Christine Erika Meka - 198501072008122004 - Penguji 1
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Sur U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA