Skripsi
Peranan Orang Tua Dalam Mendukung Prestasi Belajar Anak (Studi Kasus Pada Orang Tua Pelajar SD di Rt 36 Rw 12 Kelurahan Liliba)
XMLOrang tua merupakan sumber pertama dan utama dalam membentuk karakter anak. Hal tersebut yang menjadikan peran orang tua sangat penting dalam mendidik anak. Berbagai macam tugas orang tua dalam mendidik anak terutama berkaitan dengan prestasi belajar anak. Adapun peran tersebut yang pertama, orang tua berperan sebagai pembimbing kedua, orang tua berperan sebagai motivator dan yang ketiga, orang tua berperan sebagai fasilitator. Dari ketiga peran tersebut dalam penerapannya tidak maksimal. Diketahui masalah tersebut terjadi karena orang tua lebih memprioritaskan perkerjaannya sehingga waktu untuk bersama anak cenderung sedikit. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran orang tua dalam mendukung prestasi belajar anak dan apakah hambatan yang dialami orang tua dalam mendukung prestasi belajar anak? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendukung prestasi belajar anak dan untuk mengetahui hambatan apa yang dialami orang tua dalam mendukung prestasi belajar anak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran oleh Biddle dan Thomas. Metode penelitian yaitu kualitatif, dengan teknik pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 13 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah yaitu reduksi data, pengajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa peran orang tua dalam mendukung prestasi belajar anak tidak maksimal, karena orang tua hanya sebatas memberikan nilai moral kepada anak sedangkan untuk mendukung prestasi belajar anak belum dijalankan dengan baik. Kurang maksimalnya orang tua menjalankan perannya akan memberikan dampak terhadap prestasi belajar anak. Di ketahui masalah tersebut terjadi karena orang tua lebih memprioritaskan perkerjaannya. Sedangkan habatan yang di alami orang tua dalam mendukung prestasi belajar anak karena ada beberapa faktor yaitu yang pertama faktor ekonomi, kedua faktor pendidikan orang tua, dan yang ketiga faktor perkerjaan orang tua. Saran dari peneliti sebagai berikut: sesibuk-sibuknya orang tua harus bisa luangkan waktu bersama anak. Kebutuhan anak bukan hanya makan atau pakaian, tetapi anak juga perlu diberikan kasih sayang. Memberikan dukungan kepada anak adalah suatu hal yang sangat sederhana namun sangat bermanfaat bagi anak. Orang tua tidak harus selalu mengabulkan permintaan anak cukup dengan mendampingi anak saat belajar di rumah , memberikan motivasi dan memenuhi kebutuhannya sehingga anak semangat dalam menjalankan aktivitasnya.
Kata Kunci: Peran Orangtua, Prestasi Belajar, Anak
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Jeniliana Umul - Personal Name
|
Student ID |
1903030082
|
Dosen Pembimbing |
SUSANA C L PELLU - 197110222005012001 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Ketua Penguji
Susana C L Pellu - 197110222005012001 - Penguji 1 Chrisistomus S. Oiladang - 196302072000031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
69201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Sosiologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
692.01 Umu P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |