Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Tingkat Stres Akademik Siswa UPTD SD Inpres Mapoli Kelurahan Air Nona Kecamatan Kota Raja Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Tingkat Stres Akademik Siswa UPTD SD Inpres Mapoli Kelurahan Air Nona Kecamatan Kota Raja Kota Kupang

XML

Wabah Covid-19 yang berlangsung di berbagai Negara, terkhususnya di Indonesia, sehingga berdampak kepada masyarakat dan peserta didik tidak bisa bertemu langsung disekolah atau di tempat umum. Memperhatikan kondisi tersebut, pemerintah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama Empat Mentri tentang penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) terhadap tingkat stres akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu kuantitatif dengan desain penelitian ex post facto kuantitatif, dan sampel penelitian adalah siswa UPTD SD Inpres Mapoli Kelurahan Air Nona Kecamatan Kota Raja Kota Kupang sebanyak 14 Orang. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil uji normalitas untuk variabel PTMT diperoleh nilai sig. sebesar 0,200 > α (0,05) maka H_0 diterima dan di simpulkan bahwa variabel PTMT berdistribusi normal dan untuk variabel stres akademik diperoleh nilai sig. sebesar 0,116 > α (0,05) maka H_0 diterima dan disimpulkan bahwa variabel stres akademik berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji linearitas di peroleh nilai probabilitas 0,368 > α (0,05) maka H_0 diterima yang artinya terdapat hubungan yang linear antara PTMT dan stres akademik. Berdasarkan uji regresi liner sederhana (uji t) diperoleh nilai sig. sebesar 0,155 > α (0,05) maka H_o di terima dan di tolah H_a dan keputusan tidak ada pengaruh yang signifikan dari PTMT terhadap stres akademik siswa UPTD SD Inpres Mapoli. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Squere sebesar 0,161 (16,1%) maka kesimpulan bahwa variabel PTMT memiliki pengaruh terhadap variabel stress akademik sebesar 16.1% yang menyebabkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari PTMT terhadap stres akademik. Kesimpulan berdasarkan hasil analisis data penelitian, maka dengan ini tidak terdapat pengaruh pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) terhadap tingkat stres akademik siswa UPTD SD Inpres Mapoli Kelurahan Air Nona Kecamatan Kota Raja Kota Kupang.
Kata Kunci: Pandemic Covid-19, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Stres Akademik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
NURUDDIN RAMADHAN MUKIN - Personal Name
Student ID
1801150050
Dosen Pembimbing
Maria Andriani Barek Ladjar - 199003262019032015 - Dosen Pembimbing 1
Katharina E P Korohama - 199106232019032025 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maria Andriani Barek Ladjar - 19900326201932015 - Ketua Penguji
Katharina E. P. Korohama - 199106232019032025 - Penguji 1
Veramyta Maria Martha Flora Babang - 198602092014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
85201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Jasmani, kesehatan dan Rekreasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
852.01 MUK P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA