Skripsi
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL THEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DIKELAS XI SMK NEGERI 2 KUPANG
XMLPenelitian dilakukan dengan tujuan : 1. Untuk mengetahui pengaruh metode CTL (contextual theaching and learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik dikelas XI SMK Negeri 2 Kupang. 2. Seberapa besar pengaruh metode CTL (contextual theaching and learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik pada dikelas XI SMK Negeri 2 Kupang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen Semu atau Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data melalui tes awal dan tes akhir. Analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan data dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis dengan analisis regresi sederhana dan uji independent sample t-test dengan bantuan Statistic Product and Service Solution (SPSS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis regresi sederhana dengan persamaan Y = 92,124 + 0,153X diperoleh t hitung > t tabel (33,583 > 2,034) dan signifikannya 0,000 < 0,05 maka ada pengaruh antara metode pembelajaran CTL (Contextual Theaching and Learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK Negeri 2 Kupang. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R Squere) sebesar atau 31,2% dan hasil uji independent sampel t-test menunjukan bahwa nilai thitung memiliki nilai sebesar 3,794 dan nilai ttabel1,995. Oleh karena nilai t hitung > t tabel (3,794 > 1,995) dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Maka metode pembelajaran (Contextual Theaching and Learning) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di kelas XI SMK Negeri 2 Kupang.
Kata Kunci : CTL (Contextual Theaching and Learning), Instalasi Penerangan Listrik, SMK Negeri 2 Kupang.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Robinson Timotius Tapatab - Personal Name
|
Student ID |
1801130016
|
Dosen Pembimbing |
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
Crispinus Palulus Tamal - 8880990019 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Ketua Penguji
CRISPINUS PAULUS TAMAL - 9900979841 - Penguji 1 Ichsan Fahmi - 197705052005011004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
83201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Teknik Elektro
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
832.01 Tap P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |