PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL THEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DIKELAS XI SMK NEGERI 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL THEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DIKELAS XI SMK NEGERI 2 KUPANG

XML

Penelitian dilakukan dengan tujuan : 1. Untuk mengetahui pengaruh metode CTL (contextual theaching and learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik dikelas XI SMK Negeri 2 Kupang. 2. Seberapa besar pengaruh metode CTL (contextual theaching and learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik pada dikelas XI SMK Negeri 2 Kupang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen Semu atau Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data melalui tes awal dan tes akhir. Analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan data dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis dengan analisis regresi sederhana dan uji independent sample t-test dengan bantuan Statistic Product and Service Solution (SPSS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis regresi sederhana dengan persamaan Y = 92,124 + 0,153X diperoleh t hitung > t tabel (33,583 > 2,034) dan signifikannya 0,000 < 0,05 maka ada pengaruh antara metode pembelajaran CTL (Contextual Theaching and Learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di SMK Negeri 2 Kupang. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R Squere) sebesar atau 31,2% dan hasil uji independent sampel t-test menunjukan bahwa nilai thitung memiliki nilai sebesar 3,794 dan nilai ttabel1,995. Oleh karena nilai t hitung > t tabel (3,794 > 1,995) dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Maka metode pembelajaran (Contextual Theaching and Learning) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di kelas XI SMK Negeri 2 Kupang.
Kata Kunci : CTL (Contextual Theaching and Learning), Instalasi Penerangan Listrik, SMK Negeri 2 Kupang.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1801130016
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
Crispinus Palulus Tamal - 8880990019 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Ketua Penguji
CRISPINUS PAULUS TAMAL - 9900979841 - Penguji 1
Ichsan Fahmi - 197705052005011004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 Tap P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA