PENERAPAN BLENDED LEARNING FLEX MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 8 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN BLENDED LEARNING FLEX MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 8 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X TKJ SMK Negeri 8 Kupang dan untuk mengetahui sejuah mana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning Flex Model. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran Blended Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan yang berjumlah 30 siswa. Sedangkan variabel yang diukur adalah hasil belajar siswa.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: Penerapan Model Pembelajaran Blencded Learning Flex Model pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 8 Kupang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 17 orang siswa (56,66%) yang memperoleh skor 75 ke atas dengan persentase nilai rata-rata 73,66%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 30 siswa (100%) yang memperoleh skor 75 ke atas dengan persentase nilai rata-rata 85,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Blended Learning Flex Model dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Blended Learning, Flex Model, Hasil Belajar, Pemrograman Dasar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
BERNADUS MOWOIL - Personal Name
Student ID
1801130090
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
FRANSISKUS F GOE RAY - 197406052006041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ichsan Fahmi - 197705052005011004 - Ketua Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 1
Fransiskus F Goe Ray - 197406052006041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 Mow P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA