KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KUPANG TENGAH

Detail Cantuman

Skripsi

KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KUPANG TENGAH

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII dalam menulis teks persuasif dari video produk makanan lokal seperti se’i, sambal lu’at, jagung titi, jagung katemak yang ditunjukkan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori konsruktivistik dan Teori Pembelajaran Berbasis Teks yaitu siswa diberi pengetahuan kemudian guru memberi pemodelan atau contoh, setelah itu siswa mengonstruksi teks secara berkempok, dan yang terakhir siswa mengonstruksi teks secara mandiri dan hasil dari mengkonstruksi secara mandiri ini yang akan dinilai. Berdasarkan hasil analisis data terhadap 22 lembar kerja peserta didik kelas VIII B dalam menulis teks iklan persuasif berdasarkan aspek struktur, dan kaidah kebahasaan dikatakan belum berhasil, sebab hanya 8 siswa atau 36% siswa yang mampu menulis teks iklan persuasif dengan baik dan 14 orang atau 63% siswa tidak mampu menulis teks iklan persuasif dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan persentase berdasarkan aspek struktur di mana hanya 10 orang dikatakan mampu dan 54% atau 12 siswa tidak mampu. Berdasarkan aspek kebahasaan hanya terdapat 7 orang atau 45% yang mampu dan 68% atau 15 siswa yang tidak mampu dari total siswa 22 orang. Berdasarkan analisis di atas peneliti menyimpulkan bahwa siswa kelas VIII B SMP Negeri 6 Kupang Tengah dikatakan belum mampu dalam menulis teks persuasif, karena hanya terdapat 8 orang atau 36% yang dapat menulis teks persuasif dengan baik dari 22 orang yang menulis teks persuasif dan 14 orang atau 63% siswa tidak tuntas dalam menulis tek persuasif. Adapun rekomendasi dari peneliti yakni menambah kosa kata, menggunakan bahasa Indonesia yang baik, banyak belajar menulis, menggunakan media pembelajaran yang menyesuaikan karakter belajar siswa.
Kata Kunci :menulis, teks persuasif, media audiovisual


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Student ID
1901010130
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Margareta P.E.Djokaho,S.Sn.M.Pd. - 19810301 200812 2 002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Margareta P. E. Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 1
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Jan K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA