TRANSFORMASI MASYARAKAT NYATA MENUJU MASYARAKAT MAYA MELALUI INTERNET (STUDI KASUS DI KALANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI SOSIOLOGI FISIP UNDANA)

Detail Cantuman

Skripsi

TRANSFORMASI MASYARAKAT NYATA MENUJU MASYARAKAT MAYA MELALUI INTERNET (STUDI KASUS DI KALANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI SOSIOLOGI FISIP UNDANA)

XML

Penelitian dengan judul ‘’Transformasi Masyarakat Nyata Menuju Masyarakat Maya Melalui Internet (Studi Kasus Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Sosiologi FISIP UNDANA)’’. bertujuan untuk mengungkap dan mengidentifikasi perubahan sosial yang terjadi pada mahasiswa yang disebabkan adanya internet. Perkembangan teknologi telah menciptakan suatu tatanan kehidupan yang baru. Perkembangan teknologi menuntuk masyarakat dalam penelitian ini mahasiswa Prodi Sosiologi untuk mengikuti arus perkembangan ini dan menguasai penggunaan teknologi agar masyarakat bisa memperoleh informasi. Tren penggunaan internet telah menyebar luas hingga ke kalangan mahasiswa. Perubahan sosial yang terjadi seperti perilaku komunikasi pada mahasiswa karena adanya perubahan perilaku dalam berkomunikasi, dalam mendapatkan informasi, pembelajaran/perkuliahan, perubahan dalam mendapat hiburan yang menuntun kearah yang baru menuju jarak jauh. Penelitian ini mengguakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan wawancara mendalam, pengamatan dan dokumentasi, terhadap sepuluh (10) orang mahasiswa yaitu Reza, Melda, Ani, Elgam, Asriyanti, Faris, Rini, Sarcy, Mercy, dan Hori yang dipilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Sementara itu untuk mengupas masalah dalam penelitian ini menggunakan teori perubahan sosial yang digagas oleh William F. Ogburn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa prodi sosiologi sangat membutuhkan jaringan internet dalam menjalaini aktivitas sehari-hari untuk kebutuhan perkuliahan, belajar, mencari dan mendapatkan informasi, bermain dan kebutuhan lainnya. Menurut mereka menganggap bahwa kehadiran media sosial membuat mereka mudah berinteraksi dengan orang luar yang terkoneksi melalui jaringan. Media sosial juga dijadikan sebagai media hiburan. Kehadiran media sosial sangat membantu mahasiswa untuk mempelajari dunia luar. Pola interaksi melalui media sosial yang dapat berhubung secara langsung dengan orang-orang yang berjauhan memudahkan untuk berkomunikasi tanpa harus bertemu secara langsung dan dapat menghemat biaya dan waktu.
Kata Kunci: Transformasi, Masyarakat Nyata, Masyarakat Maya


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1803030060
Dosen Pembimbing
HOTLIF ARKILAUS NOPE - 197711242005011002 - Dosen Pembimbing 1
CHRISTINE ERIKA MEKA - 198501072008122004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hotlif Arkilaus Nope - 197711242005011002 - Ketua Penguji
Christine Erika Meka - 198501072008122004 - Penguji 1
Yermia Djefri Manafe - 197003032005011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Nur T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA