PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI KELIS BUNDAO MALAKA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI KELIS BUNDAO MALAKA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa di Kelas IV SD Negeri Kelis Bundao Malaka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Jenis metode penelitian kuantitatif (jenis penelitian pre-eksperimen) yang digunakan ialah metode One-Group Pretest-Posttest Design.Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa di Kelas IV SD Negeri Kelis Bundao Malaka.? metode yang digunakan dalam penelitian ini, teknik observasi, tes dan studi dokumentasi yang berhubungan dengan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang dugunakan yakni analisis deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden yang diteliti 15 orang, terdiri dari 7 laki-laki dan perempuan 8 orang. Hasil analisis data statistik menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran discovery learning dari instrument penelitian setiap item soal valid karena nilai rhitung > nilai rtabel dan reliabel. Karena nilai cronbach alpha 0,790 masuk dalam kategori reliabilitas tingkat tinggi, tingkat kesukaran soal masuk dalam kategori mudah, sedang, dan sukar, daya pembeda soal masuk dalam kategori baik sekali dan baik serta berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji normalitas, didapatkan hasil bahwa nilai terhadap hasil belajar pretest dan posttest pada semua aspek terdistribusi normal. Hasil analisis deskriptif menujukan bahwa rata-rata nilai kemampuan awal siswa sebelum dibelajarkan dengan model discovery learning memperoleh skor rata-rata sebesar 55,33, sedangkan rata-rata nilai kemampuan akhir siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning sebesar 82,66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning memiliki pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci : discovery learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Selfince Bria - Personal Name
Student ID
1901140142
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bri P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA