Strategi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Lontar Dalam Memberikan Pelayanan Bagi Masyarakat Di Desa Oebelo Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Lontar Dalam Memberikan Pelayanan Bagi Masyarakat Di Desa Oebelo Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang

XML

Masalah pokok penelitian ini adalah saluran pipa yang bermasalah menyebabkan minimnya debit air yang keluar, air kotor atau keruh air yang sering macet dan kurangnya tenaga pelayanan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : Strategi yang dilakukan oleh perusahaan daerah air minum tirta lontar dalam memberikan pelayanan pendistribusian air bersih bagi masyarakat di desa Oebelo kecamatan kupang tengah kabupaten kupang dan kendala yang dihadapi oleh perusahaan daerah air minum tirta lontar dalam memberikan pelayanan air bersih penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah wawancara dengan informan yang dipilih, data diobservasi serta dikomuntasikan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Osborne dan plastrik (2001:251),yang dikaji berdasarkan strategi peningkatan kualitas pelayanan publik dilingkungan birokrasi strategi pengembangan struktur, strategi penyederhanaan sistem prosedur,strategi pengembangan infrastruktur,strategi pengembangan budaya dan kulture dan strategi pengembangan kewirausahaan.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu strategi pengembangan struktur struktur organisasi pada PDAM Tirta Lontar sudah sangat baik dan setiap pegawai selalu dikasih training sebelum ditempatkan pada bidang tugasnya masing-masing, namun untuk untuk jumlah pegawai yang dibutuhkan harus sesuai dengan kebutuhan pelanggan sehinggah masih kurangnya petugas layanan yang bertugas pada instalasi pengelolaan air Tilong yang melayani pelanggan di desa Oebelo.Strategi penyederhanaan prosedur prosedur pelayanan sambung baru, pelayanan pemeliharaan dan pelayanan pembayaran, pengaduan dan pemutusan akan mudah dan cepat apabila ada kerjasama yang baik antara pelanggan dan petugas PDAM Tirta Lontar.Strategi pengembangan infrastruktur sarana dan prasarana yang disediakan oleh PDAM Tirta Lontar sudah sangat baik dan layak digunakan oleh pelanggan sebagai penerima layanan. Strategi pengembangan budaya dan kultur karakter pegawai PDAM Trita Lontar dalam melayani pelanggan sangat baik,ramah dan sopan sehinggah pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang mereka terimah.Strategi pengembangan kewirausahaan sampai saat ini PDAM Tirta Lontar berupaya untuk memperluas jangkauan pelayanan hinggah mencapai wilayah Polres Babau namun masih terkendala oleh anggaran sambung baru yang terlalu mahal dan berusaha memperbaiki pelayanan yang ada agar dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
Kata Kunci : Strategi, Pelayanan, dan PDAM


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
IKHA ONGRISA TANU - Personal Name
Student ID
1803010094
Dosen Pembimbing
Marthina Ragalay - 196205071989012001 - Dosen Pembimbing 1
ALFRED OMRI ENA MAU - 198104272006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Marthina Ragalay - 196205071989012001 - Ketua Penguji
Alfred O.M.Dima - 197004102000121001 - Penguji 1
Petrus Kase - 196208091988031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 TAN S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA