Skripsi
Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas V SD Negeri Oetete 1 Kota Kupang
XMLTeknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan digunakan untuk uji hipotesis. Selanjutnya hasil pengujian Hipotesis, menggunakan paired sample T-test menunjukan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukan bahwa pada taraf signifikansi (2-tailed) < 0,05. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji ini adalah, jika nilai sig. (2- tailed) nilai prettest posttest < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada dat a Pretest-posttest. Hasil dari uji paired sampel T-test menunjukkan ada pengaruh positif antara model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 8 subtema 2 pembelajaran 1 kelas V SD Negeri Oetete 1 Kota Kupang yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran, memecahkan sebuah masalah dan pemahaman tentang materi yang dipelajari lebih mendalam.
Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
NIKODEMUS BANU - Personal Name
|
Student ID |
1901140376
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
MARKUS SAMPE - - Penguji 1 Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 BAN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |