EVALUASI TARIF BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DAN LOAD FACTOR ANGKUTAN UMUM KOTA KUPANG (Studi Kasus : Trayek 2 dan Trayek 6)

Detail Cantuman

Skripsi

EVALUASI TARIF BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DAN LOAD FACTOR ANGKUTAN UMUM KOTA KUPANG (Studi Kasus : Trayek 2 dan Trayek 6)

XML

EAngkutan umum Kota Kupang yang biasa dikenal sebagai bemo atau mikrolet merupakan salah satu transportasi yang melayani masyarakat Kota Kupang dalam trayek yang sudah ditetapkan, trayek yang dilalui biasanya terdapat banyak fasilitas umum. Angkutan umum merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat di Kota Kupang. Sehingga harus dikelola dengan baik, Tetapi bila tidak ditangani dengan baik maka akan menjadi masalah bagi penyedia dan penguna jasa angkutan umum. Sehingga penelitian ini bertujuan utuk mengetahui tarif berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK), kemampuan membayar (Ability To Pay/ATP), dan keinginan membayar (Willingnes To Pay/WTP) pengguna jasa angkutan umum di Kota Kupang, serta untuk menganalisis tarif ideal berdasarkan kemampuan membayar (Ability To Pay/ATP) dan keinginan membayar (willingness To Pay/WTP) pengguna jasa angkutan umum. Trayek angkutan umum yang akan diamati pada penelitian ini adalah trayek 2 dan trayek 6. Dengan panjang trayek 2 adalah 10,145 km dan panjang Trayek 6 adalah 8,573 km. Analisa Biaya Operasional Kendaraan (BOK) akan menggunakan metode Direktur Jendral Perhubungan Darat nomor SK.687/AJ.206/DRJD/2002 tentang pedoman teknis penyelenggaraan angkutan penumpang umum di wilayah perKotaan dalam trayek tetap dan teratur. Sedangkan analisa Perhitungan Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP) menggunakan metode cross tabulation dan travel budged. Dari hasil analisa diketahui bahwa tarif yang berlaku dilapangan saat ini lebih besar dari tarif hasil perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan Willingness To Pay (WTP), namun tarif yang berlaku lebih kecil dari Ability To Pay (ATP). Dikarenakan adanya permasalahan kenaikan harga BBM pertalite dari Rp.7.650 menjadi Rp.10.000 menyebabkan Tarif yang berlaku saat ini naik dari Rp.3.000 menjadi Rp.5.000 untuk umum dan Rp.2.000 menjadi Rp.3.500 untuk pelajar, sedangkan dari hasil perhitungan besarnya tarif Biaya Operasional Kendaraan (BOK) yaitu Rp.3.942 untuk trayek 2, dan Rp.3.483 untuk trayek 6. Nilai Willingnes To Pay (WTP) adalah Rp.2.222 sedangkan untuk nilai Ability To Pay (ATP) lebih besar yaitu Rp.8.148
Kata kunci: Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Ability To Pay (ATP), Willingness To Pay (WTP), tarif


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ROSWITA RAMBU BAURU - Personal Name
Student ID
1606010075
Dosen Pembimbing
John H. Frans - 197506022001121002 - Dosen Pembimbing 1
TRI MARDIYATI W SIR - 197905062006042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
John H. Frans, ST, MT - 197506022001121002 - Ketua Penguji
Tri Mardiyati W Sir - 197905062006042001 - Penguji 1
Andi Hidayat Rizal - 196112221989031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
222.01 Bau E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA