Pengaruh Model Pembelajaran Competency Basedtraining Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Prototype Produk Barang/Jasa Instalasi Motor Listrik Pada Siswa Kelas X1 Titl Smk Negeri 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Competency Basedtraining Terhadap Hasil Belajar Pembuatan Prototype Produk Barang/Jasa Instalasi Motor Listrik Pada Siswa Kelas X1 Titl Smk Negeri 2 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Competency Based Training terhadap hasil belajar pembuatan prototype produk barang/jasa instalasi motor listrik pada siswa X1 TITL SMK Negeri 2 Kupang .(2) Sejauh manakah pengaruh model pembeajaran Competency Based Training terhadap hasil belajar pembuatan prototype produk barang/jasa instalasi motor listrik pada siswa X1 TITL SMK Negeri 2 Kupang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen, desain rencangan penelitian yaitu Quasi-Experimental Design. Penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelas eksperimendan kelas kontrol. Pengumpulan data yang dilakukan melalui test akhir. Analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesi dengan analisis regresi sederhana dengan analisis uji independent sampel t-test dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran competency based training berpengaruh sebesar 40,0% dan t_hitung>t_tabel (4,762> 2,032) dan P value< α sebesar (0,000 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara signifikan antara model pembelajaran competency based training terhadap hasil belajar siswa. Untuk variabel model pembelajaran direct learningberpengaruh sebesar34,6 % dengan nilai t_hitung>t_tabel (4,244> 2,032 ) P value< α sebesar (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara signifikan antara model pembelajaran direct learning terhadap hasil belajar. Untuk mengetahui sejauh manakah pengaruh model pembelajaran competency based training terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa selisih antara kedua model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sebesar 5,4%. Sehingga dari hasil pengujian Independent Sample T Test maka diperoleh t_hitung= 5,053dan didapatkan nilai t_tabel= 1.994 dengan df = 70, karena Nilai t_hitung>t_tabel(3,362> 1,994) dengan nilai Signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00< 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran competency based training dan model pembelajaran direct learningterhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci:Model Pembelajaran Competency Based Training, Model Pembelajaran Direct Learning, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Martji Bani - Personal Name
Student ID
1601130047
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Ketua Penguji
CRISPINUS PAULUS TAMAL - 9900979841 - Penguji 1
Ichsan Fahmi - 197705052005011004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 BAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA