Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas X Mia Sma Negeri I Adonara Barat

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas X Mia Sma Negeri I Adonara Barat

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X dengan menerapkan model problem based learning pada materi ekosistem. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri I Adonara Barat, Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan memberikan tindakan dalam dua siklus pembelajaran yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Pertemuan ini dilaksanakan pada November dan Desember 2022. Subjek penelitian adalah 40 orang siswa kelas X MIA SMAN I Adonara Barat. Hasil motivasi siswa diperoleh dari kuesioner motivasi siswa dan aktivitas siswa dipeoleh dari lembar observasi. Hasil belajar siswa diperoleh dari post test siklus I dan II.
Hasil analisis data pada siklus I menunjukkan bahwa, rata-rata motivasi belajar pada siklus I mencapai 64,5 meningkat pada siklus II menjadi 77,38. Pada siklus I diperoleh presentase siswa yang termasuk kategori sangat baik 48% dan pada siklus II meningkat menjadi 98% siswa dalam kategori sangat baik. Pada analisis aktivitas siswa siklus mencapai rata-rata 2,85 dengan persentase 71% dan pada siklus II mencapai rata-rata 3,56 dengan presentasenya 89%. Hasil analisi aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata 3,16 dengan presentasenya 78% dan pada siklus II rata-rata 3,64 dengan presentasenya 90%. Analisis hasil belajar siklus I mencapai rata-rata 73,06 dengan presentasen 73% dan siklus II mencapai rata-rata 81,81 dengan presentase 82%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model problem based learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X MIA SMA Negeri I Adonara Barat

Kata kunci: Problem Based Learning, Motivasi, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yosefina Lipat Waton - Personal Name
Student ID
1701040012
Dosen Pembimbing
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angela Gabriela Lika - - Ketua Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 1
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Wat P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA