PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TENTANG KEBERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS IV SD INPRES KILOBESA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TENTANG KEBERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS IV SD INPRES KILOBESA

XML

Rumusan masalah “Bagaimana Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran Tentang Keberagaman Suku dan Budaya Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV Sd Inpres Kilobesa?”. Tujuan untuk mengetahui Hasil Belajar siswa menggunakan metode Think Pair Sharedalam pembelajaran tentang keberagaman suku dan Budaya Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3. Teknik pengumpulan data yaitu, teknik observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dengan mencari presentase dari data yang telah dikumpulkan dan kemudian diklarifikasikan kedalam rumusan yang telah ditetapkan.Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Kilobesa dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I dari jumlah siswa 35 orang yang tuntas 5 orang (14,26%). Ketuntasan dari 5 orang siswa karena memperhatikan penjelasan Guru, Tidak bermain saat Pembelajaran berlangsung, Mau Bekerja sama dengan anggota kelompok, Mampu megerjakan LKPD, Menyelesaikan Soal Tes dengan Benar. Hal ini karena guru mampu mengorganisir siswa di dalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan 30 orang siswa tidak tuntas (85,74%). Siswa suka bermain, mengganggu teman lain, tidak memperhatikan penjelasan guru, dan tidak mengerjakan soal tes dengan baik. Siswa tidak dapat bekerja sama dengan anggota kelompok karena tidak suka dengan anggota kelompok yang dibagi oleh guru. Siswa lebih suka dengan anggota kelompok pilihannya.Siswa tidak percaya diri dalam melakukan diskusi sehingga siswa yang aktif saja yang maju dan tampil di depan kelas. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor dari guru. Dimana guru kurang menguasai kelas sehingga menimbulkan siswa bermain saat guru sedang menjelaskan, pada saat diskusi kelompok guru tidak mengarahkan siswa saat diskusi kelompok sehingga diskusi kelompok tidak berjalan dengan baik, guru tidak bisa memotivasi siswa pada saat apersepsi sehingga rasa percaya diri siswa saat pembelajarab tidak muncul. Pada siklus II siswa yang tuntas 35 orang dengan presentase 100%, karena telah menguasai materi dan menjawab soal tes dengan baik.Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pada tema 6 subtema 2 pembelajaran 3 melalui model Cooperative Learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan terjadinyapeningkatan nilai maksimal siswa pada siklus II yakni 100% dengan demikian penerapan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share sangat efektif.

Kata Kunci: Metode Think Pair Share, Keberagaman Suku dan Budaya dan Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ANTHONIUS NAKLUI - Personal Name
Student ID
1901140290
Dosen Pembimbing
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Silvester - - Ketua Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Nak P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA