PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL DAN MEDIA PEMBELAJARAN SOFTWARE SIMULASI PROTEUS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK LISTRIK PADA PESERTA DIDIK KELAS X TITL SMK NEGERI 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL DAN MEDIA PEMBELAJARAN SOFTWARE SIMULASI PROTEUS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK LISTRIK PADA PESERTA DIDIK KELAS X TITL SMK NEGERI 2 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adakah pengaruh penggunaan video tutorial terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran gambar teknik listrik di kelas X TITL SMK Negeri 2 Kupang; (2) adakah pengaruh penggunaan software simulasi proteus terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran gambar teknik listrik di kelas X TITL SMK Negeri 2 Kupang; (3) adakah perbedaan pengaruh penggunaan video tutorial dan software simulasi proteus terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran gambar teknik listrik di kelas X TITL SMK Negeri 2 Kupang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen, desain rencangan penelitian yaitu Quasi-Experimental Design, penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelas control dan kelas eksperimen . Pengumpulan data yang dilakukan melalui test akhir. Analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesi dengan analisis regresi sederhana dengan analisis uji independent sampel ttest dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video tutorial berpengaruh sebesar 28.4% dan rhitung > rtabel (3.670 > 2,032) dan Pvalue < α (0,001 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan video tutorial dengan hasil belajar. Untuk variabel software simulasi proteus sebesar 34% dan thitung > ttabel (4.183 > 2,032) dan Pvalue < α (0,000 < 0,05), maka disimpulkan bahwa ada pengaruh software simulasi proteus terhadap hasil belajar. Untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan video tutorial dan software simulasi proteu thitung > ttabel (4.080 > 1,994), dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaan antara pengaruh penggunaan video tutorial dan software simulasi proteus terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran gambar teknik listrik di kelas X TITL SMK Negeri 2 Kupang.

Kata Kunci: Video tutorial dan software simulasi proteus, hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA HILDA ANGGRIANY - Personal Name
Student ID
1601130030
Dosen Pembimbing
I MADE PARSA - 196106181988031003 - Dosen Pembimbing 1
Crispinus Palulus Tamal - 8880990019 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransiskus F Goe Ray - 197406052006041001 - Ketua Penguji
I Made Parsa - 196106181988031003 - Penguji 1
CRISPINUS PAULUS TAMAL - 9900979841 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 Ang P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA