Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Materi Pengertian dan Menfaat Pendapatan Nasional di Kelas XI Ips 2 SMA Negeri Kualin Kabupaten TTS

Detail Cantuman

Skripsi

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Materi Pengertian dan Menfaat Pendapatan Nasional di Kelas XI Ips 2 SMA Negeri Kualin Kabupaten TTS

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peninngkatan hasil belajar pada materi pengertian dan manfaat pendapatan nasional dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Kualin, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 sebanyak 44 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, metode pembelajaran yang digunakan adalah dengan metode pembelajaran mind mapping. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus. Tahapan penelitian ini dimulai dengan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa, selanjutnya pemberian materi yang diajarkan kemudian siswa secara membuat mind mapping tentang materi yang telah disampaikan oleh guru dan mempresentasikannya. Tahap selanjutnya adalah postest, untuk mengetahui pemahaman serta keberhasilan belajar yang telah dicapai siswa.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pada materi Pengertian dan manfaat pendapatan nasional menggunakan penerapan metode mind mapping ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari peningkatan rata-rata nilai postest; nilai rata-rata pada siklus I 75,52 dan ketuntasan belajar sebesar 40,90%; pada siklus II nilai rata-rata 84,52 dengan ketuntasan belajar 95,45%; dan Peningkatan tersebut telah memenuhi KKM dan ketuntasan belajar yang telah ditentukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran mind mapping.

Kata Kunci : Hasil Belajar, model pembelajaran mind mapping


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yotham Soleman Betty - Personal Name
Student ID
1701080101
Dosen Pembimbing
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Dosen Pembimbing 1
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Markus U.K.Yewang. - 19641223 199403 1 002 - Ketua Penguji
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Penguji 1
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 Yot M
Copyright
Universitas Nusa Cendana
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA