Pengaruh Model Pembelajaran Direct Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Aplikasi Dev-C++ Kelas X TKJ SMKN 6 Kupang..

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Direct Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Aplikasi Dev-C++ Kelas X TKJ SMKN 6 Kupang..

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran direct learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pemograman dasar kelas X TKJ 1 SMK Negeri 6 Kupang. 2) bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran direct learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pemograman dasar kelas X TKJ 1 SMK Negeri 6 Kupang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen, desain perancangan penelitian yang digunakan yaitu Pre-experimental Design, penelitian ini memiliki satu kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelas experimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data yang dilakukan melalui tes awal, tes akhir dan pengamatan. Analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji homogenitas serta uji hipotesis dengan analisis uji regeresi sederhana dan uji t korelasi dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran direct learning terhadap hasil belajar dilihat dari nilai Y= 52,875 + 0,571X P value < ꭤ sebesar (0,000<0,05), maka disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model pembelajaran direct learning dengan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran direct learning terhadap hasil belajar diperoleh thitung =6,156 didapatkan nilai ttabel 2,032 dengan df = 34. Jadi Nilai thitung > ttabel (6,156>2,032) dan nilai Rsquer = 0,527 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 52,7% antara model pembelajaran direct learning terhadap hasil belajar siswa.



Kata Kunci : Model Pembelajaran Direct Learning. Hasil Belajar
*Penulis **Pembimbing Utama ***Pembimbing Pendamping


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601130054
Dosen Pembimbing
ZET YULIUS BAITANU - 197703232005011001 - Dosen Pembimbing 1
FRANS F. G. RAY - 197406052006041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
CRISPINUS PAULUS TAMAL - 9900979841 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 NGA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA