PERAN ORANG TUA DALAM MENGONTROL PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA 11 TAHUN (STUDI KASUS DI DESA BADARAI KECAMATAN WEWIKU KABUPATEN MALAKA)

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN ORANG TUA DALAM MENGONTROL PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA 11 TAHUN (STUDI KASUS DI DESA BADARAI KECAMATAN WEWIKU KABUPATEN MALAKA)

XML

Penelitian ini berjudul: “Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun (Studi di Desa Badarai Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka)”. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi membuat pengguna gadget tidak hanya berasal dari kalangan orang dewasa namun telah sampai pada anak-anak. penggunaan gadget khususnya pada anak membawa dampak positif dan negatif, sehingga sangat diperlukan peran orang tua dalam mengontrol anak saat menggunakan gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak usia 11 tahun. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Peran (Biddle dan Thomas) Subjek penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 11 tahun di Desa Badarai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis pendekatan studi kasus ini merupakan jenis pendekatan yang digunakan untuk menyelidiki dan memahami sebuah kejadian atau masalah yang telah terjadi dengan mengumpulkan berbagai macam informasi yang kemudian diolah untuk mendapatkan sebuah solusi agar masalah yang diungkap dapat terselesaikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dengan cara Observasi, wawancara dan Dokumentasi. Penentuan informan dilakukan secara purposive sampling. Peneliti menentukan informan yang terdiri dari 14 orang yaitu Kepala Desa, Ketua RT, 6 orang tua dan 6 orang anak SD usia 11 tahun yang sudah memiliki Gadget. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak usia 11 tahun yakni Orang tua ikut berperan dalam mendampingi anak ketika menggunakan gadget, Orang tua membatasi jangka waktu anak bermain gadget, Orang tua memberikan ketegasan kepada anak saat bermain gadget dan orang tua memberikan nasehat kepada anak agar tidak terlalu sering bermain gadget. Dampak positif pengunaan gadget yakni: Menambah pengetahuan, Mempermudah Komunikasi, Sebagai Media penghibur dan sebagai media pembelajaran. Sedangkan dampak negatif pengggunaan gadget yakni: Mengganggu Kesehatan dan Dapat Mempengaruhi Perilaku Anak. Adanya penelitian ini hendaknya orang tua lebih mengontrol anak dalam penggunaan gadget dengan memberikan aturan sehingga anak tetap belajar.

Kata Kunci: Peran, Orangtua, Gadget, Anak 11 Tahun


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
EMILIA OKTAVIANA BERE - Personal Name
Student ID
1803030115
Dosen Pembimbing
HOTLIF ARKILAUS NOPE - 197711242005011002 - Dosen Pembimbing 1
CHRISTINE ERIKA MEKA - 198501072008122004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hotlif Arkilaus Nope - 197711242005011002 - Ketua Penguji
Christine Erika Meka - 198501072008122004 - Penguji 1
Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Ber P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA