DAMPAK SIKAP IMITASI TERHADAP PEMBENTUKKAN PERILAKU MENY-IMPAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI KOST HRD, DESA PENFUI TIMUR, KECAMATAN KUPANG TENGAH, KABUPATEN KUPANG)

Detail Cantuman

Skripsi

DAMPAK SIKAP IMITASI TERHADAP PEMBENTUKKAN PERILAKU MENY-IMPAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI KOST HRD, DESA PENFUI TIMUR, KECAMATAN KUPANG TENGAH, KABUPATEN KUPANG)

XML

Berdasarkan fakta yang terjadi di Kost HRD, ada beberapa mahasiswa yang menunjukkan perilaku menyimpang, seperti mengkonsumsi minuman keras secara berlebihan, bermain game diluar batas kewajaran, dan seks bebas. Sehingga Masalah Penelitian ini adalah: Apa alasan yang mendorong mahasiswa Kost HRD mengimitasi perilaku-perilaku menyimpang dan bagaimana dampak dari imitasi perilaku menyimpang dari mahasiswa Kost HRD tersebut. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui alasan mengimitasi perilaku menyimpang dan dampak dari imitasi perilaku menyimpang dari mahasiswa Kost HRD. Teori yang digunakan adalah teori imitasi dari Gabriel Tarde dan teori belajar sosial dari Albert Bandura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan metode purposive sample, sehingga yang menjadi informan adalah 11 Mahasiswa Kost HRD, 2 warga yang merupakan tetangga kost, dan pemilik Kost HRD. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perilaku menyimpang (mengkonsumsi minuman keras secara berlebihan, bermain game online diluar batas kewajaran, dan seks bebas) sebagai akibat dari imitasi terhadap tokoh di media sosial dan teman kost. Dampak dari imitasi perilaku menyimpang tersebut, mencakup dampak sosial, dampak moral, dampak kesehatan, dan dampak ekonomi. Dampak sosialnya, antara lain muncul konflik sosial, mengganggu ketentraman masyarakat, menimbulkan citra buruk dimata masyarakat. Kemudian dampak moral dari imitasi perilaku menyimpang antara lain hamil diluar nikah, bersikap tidak sopan, dan tidak bertanggungg jawab. Dampak kesehatan, yaitu: mudah diserang penyakit, kecanduan dan depresi. Dan dampak ekonominya adalah: menyalahgunakan uang kiriman orang tua dan tidak memperioritaskan kebutuhan. Kesimpulan: Kebiasaan mengimitasi merupakan salah satu hal yang menyebabkan terjadinya perilaku menyimpang. Saran untuk mahasiswa: diharapkan mampu berpikir kritis dan logis dalam menentukkan sikap atau perilaku, memiliki prinsip hidup dan nilai moral yang baik serta tidak ikut-ikutan. Saran bagi orang tua, yaitu: menanamkan nilai-nilai kebenaran dan nilai moral kepada anaknya sejak dini. Saran bagi masyarakat, yaitu: harus memberikan sanksi yang tegas bagi mahasiswa yang melanggar aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat.

Kata Kunci : Sikap Imitasi, Pembentukkan Perilaku Menyimpang, Mahasiswa.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
PATRISIA DAGUT - Personal Name
Student ID
1703030018
Dosen Pembimbing
JOSEP EMANUEL JELAHUT - 196412241992031003 - Dosen Pembimbing 1
HERMAN YOSEP UTANG - 196602212006041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Josep Emanuel Jelahut - 196412241992031003 - Ketua Penguji
Herman Yosep Utang - 196602212006041001 - Penguji 1
Lasarus Jehamat - 197805242006041006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Dag D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA