Penggunaan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1 Tentang Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Liliba

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1 Tentang Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Liliba

XML

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Penggunaan Model Koopertif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1 Tentang Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Liliba Kupang? Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Liliba Kota Kupang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Liliba tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 24 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data hasil penelitian siklus I dengan rata-rata yang diperoleh (58,33%) sebanyak 14 orang tuntas, sedangkan presentase yang tidak tuntas 10 orang (41,67%) Selanjutnya pada siklus II, hasil belajar meningkat yakni dari 24 siswa, semuanya tuntas (100%) dari presentase diatas maka pada peningkatan siklus II (41,67) maka dapat disimpulkan penggunaan model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran tema 8 subtema 2 pembelajaran 1 tentang siklus air dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Liliba Kupang. Hal ini dibuktikan dengan hasil test siklus I 14 orang ( 58,33%) yang tuntas dan siklus II 24 orang (100%) yang tuntas.
Kata Kunci : Jigsaw, dan Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
HESTY FEBRIANTI BESSI - Personal Name
Student ID
1901140105
Dosen Pembimbing
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BES P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA