PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVEPROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI MEDAN MAGNET DI SMA NEGERI 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVEPROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI MEDAN MAGNET DI SMA NEGERI 2 KUPANG

XML

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pretest-Postest Design yang dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Kupang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi dan berpikir kreatif kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 setelah diberi perlakuan menggunakan model creative problem solving dengan menggunakan pendekatan STEM dan tampa menggunakan pendekatan STEM dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara keterampilan berpikir kreatif menggunakan pendekatan STEM dan tampa menggunakan pendekatan STEM. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA Negeri 2 Kota Kupang,dengan ppengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu, siswa kelas XII IPA 1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen 1 yang diajar menggunakan model pembelajaran creative problem solving meggunakan pendekatan STEM dan XII IPA 5 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen 2 yang diajar menggunakan model pembelajaran creative problem solving tampa menggunakan pendekatan STEM. Variabel yang diukur dalam penelitian ini yaitu keterampilan komunikasi dan berpikir kreatif siswa. Keterampilan komunikasi diperoleh dari lembar hasil observasi. Aspek keterampilan komunikasi yang diukur ada dua yaitu aspek menilai dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran dan keterampilan persentasi. Sedangkan keterampilan berpikir kreatif diperoleh dari instrumen test soal berpikir kreatif. Indikator keterampilan berpikir kreatif yang diteliti yaitu memberikan jawaban yang benar atas pertanyaan yang diberikan, mampu menghasilkan jawaban yang bervariasi dari sudut pandang yang berbeda, dapat memberikan jawaban dari pikirannya sendiri, dapat memperinci suatu gagasan atau jawaban sehingga lebih jelas, dan mampu menyimpulkan mengenai hasil percobaan yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian untuk keterampilan komunikasi siswa terdapat pengaruh pendekatan STEM terhadap keterampilan komunikasi siswa SMA Negeri 2 Kota Kupang. Keterampilan komunikasi siswa yang diajar menggunakn model creative problem solving menggunakan pendekatan STEM lebih tinngi dari kelas yang diajar menggunakn model creative problem solving tampa pendekatan STEM.. Berdasarkan hasil analisis untuk keterampilan berpikir kreatif siswa siswa yang diajar menggunakan model creative problem solving menggunakan pendekatan STEM lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan model creattive problem solving tanpa pendekatan STEM, dibuktikan dengan hasil thitung 2,410>ttabel 1,66691 dengan sig.>0,05. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model creative problem solving dengan pendekatan STEM dengan siswa yang diajar menggunakan model creative problem solving tampa pendekatan STEM. 4


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
ELDA DAYANTI JAYA - Personal Name
Student ID
1901050084
Dosen Pembimbing
I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Dosen Pembimbing 1
VINSENSIUS LANTIK - 197901292008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yusniati H Muh Yusuf - 198301072008122003 - Ketua Penguji
I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Penguji 1
Vinsensius Lantik - 197901292008121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Jay P
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA