Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Pada Materi Persebaran Flora Fauna Di Indonesia Dan Dunia Kelas XI Di SMA Negeri 1 Insana

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Pada Materi Persebaran Flora Fauna Di Indonesia Dan Dunia Kelas XI Di SMA Negeri 1 Insana

XML

Pendidikan geografi melibatkan peserta didik untuk memiliki hasil belajar. Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan model Problem Based Learning. Permasalahan yang ada disekitar peserta didik memecahkan masalah keaktifan peserta didik melalui berdiskusi kelompok yang terdapat dalam model Problem Based Learning guna memecahkan sebuah permasalah nyata yang ada di sekitar lingkungan peserta didik. Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan LKPD terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Insana. Penelitian ini termasuk quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan random sampling. Desain yang digunakan adalah non-equivalent control group. Instrumen yang digunakan adalah lima butir soal esai untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan diketahui nilai signifikansi kurang 0, 05 sehingga model Problem Based Learning berbantuan LKPD berpengaruh terhadap hasil belajar geografi peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Insana.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning; LKPD; Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIANA ESRIANA LOIN - Personal Name
Student ID
1701100010
Dosen Pembimbing
MIKAEL SAMIN - 196209181990031003 - Dosen Pembimbing 1
Sunimbar - 198901012019032025 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mikael Samin - 196209181990031003 - Ketua Penguji
Sunimbar - 19890101201903025 - Penguji 1
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 LOI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA