Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Pada Materi Persebaran Flora Fauna Di Indonesia Dan Dunia Kelas XI Di SMA Negeri 1 Insana
XMLPendidikan geografi melibatkan peserta didik untuk memiliki hasil belajar. Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan model Problem Based Learning. Permasalahan yang ada disekitar peserta didik memecahkan masalah keaktifan peserta didik melalui berdiskusi kelompok yang terdapat dalam model Problem Based Learning guna memecahkan sebuah permasalah nyata yang ada di sekitar lingkungan peserta didik. Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan LKPD terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Insana. Penelitian ini termasuk quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan random sampling. Desain yang digunakan adalah non-equivalent control group. Instrumen yang digunakan adalah lima butir soal esai untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan diketahui nilai signifikansi kurang 0, 05 sehingga model Problem Based Learning berbantuan LKPD berpengaruh terhadap hasil belajar geografi peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Insana.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning; LKPD; Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
MARIANA ESRIANA LOIN - Personal Name
|
Student ID |
1701100010
|
Dosen Pembimbing |
MIKAEL SAMIN - 196209181990031003 - Dosen Pembimbing 1
Sunimbar - 198901012019032025 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Mikael Samin - 196209181990031003 - Ketua Penguji
Sunimbar - 19890101201903025 - Penguji 1 BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Geografi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.02 LOI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |