Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Materi Sistem Pernapasan SD Negeri Kelle Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Materi Sistem Pernapasan SD Negeri Kelle Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Penelitian dengan judul pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V pada materi sistem pernapasan SD Negeri Kelle Kabupaten Timor Tengah Selatan, bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pernapasan siswa kelas V SD Negeri Kelle. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen jenis Pre-eksperimen dengan menggunakan model One Group Post-test – Post-test Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Kelle yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan (Observasi) dan tes (Pre-test dan Post-test).
Hasil analisis yang dilakukan untuk pengujian hipotesis menggunakan teknik Paired Sampel T-Test atau uji-t dengan bantuan SPSS V’25 for windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut statistik deskriptif menunjukan adanya peningkatan keterampilan proses sains siswa dari meteri sistem pernapasan yang ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada pelaksanaan Pre-test adalah 36,66 meningkat menjadi 84,33 pada pelaksanaan Post-test hasil dari statistik inferensial menunjukan bahwa nilai sig pada Pre-test dan Post-test adalah 0,000. Jika dilihat dari hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa HO ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis project terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V SD Negeri Kelle.

Kata Kunci: Model Project Based Learning, Keterampilan Proses Sains


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
HERLINA BAIFETO - Personal Name
Student ID
1901140230
Dosen Pembimbing
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 BAI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA