PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 3 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA NEGERI 3 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model discovery learning dengan pendekatan STEM dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa. Penelitian ini merupakan ekperimen semu dengan desain penelitian Randomized control group pretes-posttes design yang melibatkan 2 kelas di dalam proses pembelajaran yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 menerapkan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan STEM sedangkan kelas eksperimen 2 dengan menerapkan pembelajaran discovery learning tanpa pendekatan STEM.
Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Kupang, dengan pengambilan menggunakan teknik simple random sampling yaitu terdiri dari 38 siswa kelas XI MIPA 9 sebagai kelas eksperimen 1 dan 36 siswa kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen 2. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh dari nilai pretest dan posttest dan Data keterampilan kolaborasi diperoleh dari hasil observasi menggunakan lembar observasi keterampilan kolaborasi. Data hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji independent sampel T test sedangkan data observasi keterampilan kolaborasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dalam bentuk persentase.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t diperoleh bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis positif yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model discovery learning dengan pendekatan STEM dengan siswa yang diajar menggunakan model discovery learning tanpa STEM yang dibuktikan dengan thitung 3.042 > ttabel 1.99346, dan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model discovery learning dengan pendekatan STEM lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan model discovery learning tanpa STEM, yang dibuktikan dengan hasi thitung 3.042 > ttabel 1.66629 sedangkan Hasil Keterampilan kolaboratif siswa pada materi fluida statis dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan STEM memiliki nilai persentase rata-rata 81% dengan kategori sangat kolaboratif. Hasil tersebut lebih tinggi dibandingkan kelas dengan model discovery learning tanpa STEM yang memperoleh nilai persentase rata-rata 75% dengan kategori kolaboratif.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Fridolina Gaudensia Ijan - Personal Name
Student ID
1901050063
Dosen Pembimbing
I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Dosen Pembimbing 1
VINSENSIUS LANTIK - 197901292008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Amiruddin Supu - 196703111994031001 - Ketua Penguji
I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Penguji 1
Vinsensius Lantik - 197901292008121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Ija P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA