Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Jurusan Akuntansi Di SMK Kristen Soe
XMLPenelitian ini mengkaji pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Kristen Soe. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran CTL berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi di SMK Kristen Soe.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment, pengumpulan data menggunakan tes/soal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa terdiri dari Kelas XI B 1 dan XI B 2 Jurusan Akuntansi di SMK Kristen Soe. Kelas XI B 1 sebagai Kelas perlakuan yaitu dengan model pembelajaran CTL dan Kelas XI B 2 sebagai Kelas Kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Berikut ini hasil uji Independent Sample t-Test sebagai berikut pengujian independent T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.00 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-ratanya Kelas Kontrol adalah 65.72 dengan standar deviation 9.093 dan nilai rata-rata Kelas Eksperimen 72.07 dengan standar deviation 11.28 juga diperoleh nilai sig. (2-tailed ) sebesar 0.00 < 0.05.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa Kelas Eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CTL, dengan siswa Kelas Kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvesional.
Kata kunci : Model Pembelajaran CTL, Hasil Belajar Siswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
YAWAN GOMER NATONIS - Personal Name
|
Student ID |
1801080065
|
Dosen Pembimbing |
MARKUS UMBU K YEWANG - 196423121994031002 - Dosen Pembimbing 1
Yeheskial Nggandung - 19630127199031002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Ketua Penguji
MARKUS UMBU K. YEWANG - 196412231994031002 - Penguji 1 Yeheskial Nggandung - 198408142019032008 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2023 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 NAT P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |