Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Sifat-sifat Cahaya pada Siswa Kelas IV di SD Inpres Kaniti

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Sifat-sifat Cahaya pada Siswa Kelas IV di SD Inpres Kaniti

XML

Model pembelajaran explicit instruction merupakan suatu pendekatan yang dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Sifat-sifat Cahaya Pada Siswa Kelas IV Di SD Inpres Kaniti?. Penelitian ini bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Sifat-sifat Cahaya Pada Siswa Kelas IV Di SD Inpres Kaniti. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SD Inpres Kaniti. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA berjumlah 26 orang, dengan rincian 15 orang laki-lakidan 11 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa adalah 61,54% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,46%. Selisih kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 26,92%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan dimana ≥85% siswa mendapatkan nilai ≥75. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction” dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Sifat-sifat Cahaya Pada Siswa Kelas IV Di SD Inpres Kaniti.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Explicit Instruction, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Desi Lucia Weniliwang - Personal Name
Student ID
1601140095
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Wen P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA