Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi pada Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi pada Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Kupang)

XML

Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan di NTT meningkat antara lain pertumbuhan ekonomi, pendidikan, pengangguran, dan kesehatan yang masih sangat rendah. Mengingat banyaknya pengangguran dan tidak semua orang memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi untuk memperoleh pekerjaan dikarenakan tingginya angka kemiskinan di Kota Kupang, maka keberadaan UKM di Kota Kupang memberikan peluang yang besar untuk penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat yang tidak memiliki pendidikan tinggi atau masyarakat kecil dan menengah serta dapat dijadikan sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Informan yang menjadi narasumber penelitian ini sebanyak 8 (delapan) orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian yang ditemukan peneliti berdasarkan factor penelitian yakni tingkat motivasi pada tahap penyadaran, tingkat keberhasilan pemberian pelatihan dan fasilitas pendukung usaha pada tahap pengkapasitasan, serta pemberian modal usaha pada tahap pendayaan. Dari ketiga fokus penelitian dan enam sub fokus penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa: Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Kupang belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Saran yang diangkat dalam hasil penelitian ini adalah untuk para pelaku UMKM harus mampu meningkatkan kemampuan berwirausaha dan mengikuti semua prosedur berwirausaha yang baik dan benar. Untuk Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Kupang harus lebih optimal dalam mengarahkan agar upaya peningkatan produktivitas dan daya saing para pelaku UMKM lebih terarah dan sistematis serta dapat menumbuhkan usaha baru di sektor-sektor yang memiliki produktivitas tinggi yang berbasis pengetahuan, teknologi dan sumber daya lokal.
Kata Kunci: Pemberdayaan, Penyadaran, Pengkapasitasan, Pendayaan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1903010106
Dosen Pembimbing
WILLIAM DJANI - 196410141989011001 - Dosen Pembimbing 1
MADE NGURAH DEMI ANDAYANA - 197010292009121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
William Djani - 196410141989011001 - Ketua Penguji
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Penguji 1
Petrus Kase - 196208091988031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 PAH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA