Strategi Pembelajaran Dalam Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Balfai Penfui Timur Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Pembelajaran Dalam Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Balfai Penfui Timur Kabupaten Kupang

XML

Skripsi oleh Markus B. D Manuk, NIM 1901140272, PGSD Tahun 2023 dengan judul: “Strategi Pembelajaran Dalam Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Balfai Timur Kabupaten kepang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran yang digunakan dalam menajemen kelas terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Balfai Penfui Timur Kabupaten Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan jumlah responden empat orang siswa dan satu guru wali kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu teknik observasi, teknik wawancara dan studi dokumentasi sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan akhir.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Balfai Penfui Timur Kabupaten Kupang khususnya kelas V dengan hasil penelitian menunjukan bahwa ada pula strategi pembelajaran dalam menajemen kelas yakni: strategi dalam proses, konten dan lingkungan belajar, serta manajemen kelas meliputi: sifat kelas, kekuatan pendorong kelas, memahami strategi kelas, mengdiagnosi situasi kelas, selektif dan kreatif/bertindak. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran dalam menajemen kelas yakni: 1) Memilih dan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dari materi. 2) Strategi yang diterapkan secara tepat dalam proses, konten, serta lingkungan belajar. 3) Menajerial guru perlu memahami sifat kelas, kekuatan pendorong kelas, mengdiaknosa situasi kelas, bertindak selektif dan kreatif. 4) Melatih siswa untuk mampu memahami masalah dan mampu mengatasinya. 5) Membiasakan siswa bekerja dalam kelompok dan membimbing siswa untuk mampu mengkomunikasikan di kelas, serta menajemen kelas perlu memperhatikan a) lingkungan fisik, b) kondisi sosio-emosional, c) kondisi manejerial pembelajaran dalam menajeman kelas.

Kata Kunci : Strategi; Menajemen Kelas; Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARKUS B. D MANUK - Personal Name
Student ID
1901140272
Dosen Pembimbing
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Man S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA